Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

BEM Undana dan BEM Muhadyah Adakan Talk Show Sumpah Pemuda

Avatar photo
IMG 20191025 WA0104

“Tetapi sebaliknya, pemuda harusnya berdiri di garda terdepan dan menyatakan sikap nasionalisme dan cinta tanah airnya untuk berjuang dan tetap mempertahankan eksistensi NKRI. Dengan semangat sumpah pemuda, kita satukan segala perbedaan”, jelasnya

Sasaran dari kegiatan ini ialah siapa saja yang merasa terpanggil dan peduli terhadap persoalan bangsa. Dalam lingkup kecilnya ialah kaum muda, dalam hal ini para mahasiswa dan pelajar.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pernyataan Sikap Bersama Sumpah Pemuda Di Era Milenial (dibacakan bersama oleh Ketua BEM Muhamadyah dan Ketua BEM Undana)

1. 28 OKTOBER 1928 menjadi saksi sejarah tonggak berdirinya perkumpulan anak-anak muda Indonesia dalam memperjuangkan pergerakan kemerdekaan, jauh sebelum Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.
Makna dari semua itu tercatat sebuah jalan panjang anak-anak muda ketika itu memperjuangkan terciptanya kemerdekaan. Mereka adalah pelopor dan itu tidaklah dipungkiri, sejarah panjang telah mencatat, apa yang mereka lakukan semata-mata untuk kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia.
2. Pentingnya membumikan kembali spirit Sumpah Pemuda bagi generasi milenial saat ini harus tetap hidup dan tertanam dalam jiwa generasi muda zaman now. Perkembangan teknologi informasi telah menimbulkan banyak pergeseran tatanan pergaulan sosial bangsa Indonesia, menjaga keutuhan dan persatuan bangsa memiliki tantangan berat ketika teknologi komunikasi memunculkan banyak ekses negatif. Gerakan Sumpah Pemuda bisa luluh lantah akibat maraknya hoaks, ujaran kebencian, dan hal-hal lain yang menimbulkan perpecahan.
3. Pemuda selalu ada di setiap periode perjuangan, sejak jauh sebelum kemerdekaan hingga di era milenial yang membuat dunia pemuda semakin luas. Nyaris, tak ada yang terlewat dari catatan sejarah, bahwa pemuda selalu hadir berjuang untuk bangsa.
Lewat Sumpah Pemuda, mereka dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Sumpah tersebut menjadi torehan sejarah sendiri dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia.