Beranda Lintas NTT 12 Desa di Kabupaten TTS Siap Dimekarkan

12 Desa di Kabupaten TTS Siap Dimekarkan

685
0

SOE, Flobamora-news.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Timor Tengah Selatan Privinsi Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan sosialisasi pemekaran desa dan kelurahan. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh bupati Egusem P.Tahun yang berlangsung di di Aula Gunung Mutis Kantor Bupati pada, Jumat (13/11/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut para camat se-Kabupaten Timor Tengah Selatan, Karo Tatapem Provinsi NTT, Doris Rihi, Ketua Komisi I DPRD TTS Uksam Selan dan Kepala Desa yang wilayahnya akan dimekarkan.

Kegiatan sosialisasi pemekaran ini dilakukan meski moratorium pemekaran baik untuk pemekaran Desa/Kelurahan, Kecamatan bahkan Kabupaten belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Kabag Tatapem Setda TTS  Meryana M.E.Tse S.Sos, M.Si,  kepada wartawan Flobamora-news.com mengatakan, bahwa sosialisasi pemekaran tersebut dilakukan karena banyak usulan pemekaran dari masyarakat disejumlah desa kepada Pemerintah Daerah.

“Atas aspirasi masyarakat soal pemekaran kurang lebih 12 desa  yang masuk dan diterima oleh Pemerintah Daerah TTS dan disepakati untuk dilakukan sosialisasi pemekaran. Karena ada desa yang layak jadi kelurahan, dan ada juga desa yang penduduknya banyak dan memenuhi syarat untuk dimekarkan”, jelas Meryana.

“Betul moratorium pemekaran belum dicabut, tetapi kita kerja sama dan mendapat dukungan dari Pemrpov NTT untuk gelar sosialisasi pemekaran desa dan kelurahan,” katanya.

Sementara itu Karo Tatapem Provinsi NTT Doris Rihi menambahkan kegiatan sosialisasi yang dilakukan di Aula Gunung Mutis Kantor Bupati TTS sangat positif karena sudah diamanatkan sesuai dengan aturan yang menjadi tanggungjawab pihaknya untuk disosialisasikan.

Menurut Doris, pemekaran tidak harus dilaksanakan tetapi semua berasal dari masyarakat. Pemekaran diusulkan oleh masyarakat, maka secara positif diterima oleh pemerintah agar diproses secara efektif untuk penyelenggaraan pemerintahan.

“Penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat termasuk dengan usulan pemekaran agar masyarakat disejahterakan, sehingga sosialisasi yang dilakukan hari ini sangat penting dan perlu diinformasikan bahwa pemekaran itu ada regulasinya dan ada syaratnya”, ujarnya.

Dijelaskan syarat tersebut antara lain luas wilayah, kepadatan penduduk, KK, persyaratan dasar, teknis, administrasi dan persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

“Jika usulan yang masuk dan diterima Pemda akan dikaji untuk penuhi persyaratan tersebut,” ujarnya.


Reporter:   Yor.T.


Komentar