Beranda Pendidikan Uksam Selan Gelar Penelitian Tentang Pendidikan Karakter Bagi Generasi Milenial

Uksam Selan Gelar Penelitian Tentang Pendidikan Karakter Bagi Generasi Milenial

407
0

SOE, Flobamora-news.com – Ketua komisi I DPRD Uksam Selan melakukan penelitian di Sembilan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. Penelitian dengan judul: “Disertasi Kontribusi Pendidikan Karakter Bagi Generasi Milenial Di Kabupaten Timor Tengah Selatan”, dimulai sejak tanggal 24/10/2020 hingga 14/2/2021.

Sekolah yang dijadikan tempat penelitian antara lain SMA Negeri 1 Soe, SMA Efata, SMA Karya, SMK Kristen,
SMA Kristen 1, SMA Kristen 2.

Uksam Kepada wartawan saat ditemui di SMA Negeri 1 mengatakan dirinya mencoba mengangkat pendidikan karakter karena kaum muda masa kini atau yang biasa disebut generasi milenial sangat dekat dengan smartphone sebagai salah satu produk kemajuan teknologi. Mereka sangat rawan terbawa arus informasi yang tidak jelas atau hoax jika tak mampu membedakan mana berita asli mana berita hoax.

“Ada 18 pendidikan karakter yakni Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Komunikatif, Cinta Damai,Gemar Membaca, Peduli Lingkungan,
Peduli Sosial, dan yang terakhir adalah Tanggung Jawab”, jelas Uksam

Dari semua itu, ia ingin memperoleh testimoni siswa tentang perkembangan IT di zaman sekarang ini.
Kontribusi pendidikan karakter adalah tantangan di era milenial namun justru komunikasi terdegradasi karena itu pendidikan karakter sangat penting

Diharapakan dengan informasi yang ada, ia bisa mendapat rekomendasi tentang pendidikan karakter bagi kaum Milenial untuk menyelesaikan tugas disertasi.

Hubungi Helda Nomor HP 0812-4634-2989

Sementara itu Kepala sekolah SMA Negeri 1 Soe, Yoram Isu kepada wartawan diruang kerjanya mengatakan sangat berterima kasih karena sekolahnya dijadikan tempat penelitian oleh Anggota DPRD TTS yang calon Doktor.

Menurutnya pilihan yang tepat karna dari 18 pendidikan karakter sudah diaplikasikan di SMA Negeri 1 Soe sehingga sang peneliti bisa memperoleh banyak informasi dalam penelitian.

“Dari 18 pendidikan karakter yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional sudah kami aplikasikan. Misalnya kantin kejujuran, kerja bakti dan lainya, pokoknya sudah kami buat”, ujarnya.

Adanya perkembangan zaman terkadang budaya tergerus dan siswa sekarang sudah jarang menyapa guru tidak seperti siswa sebelumnya.

“Anak anak sekarang kalau lihat guru malas tahu, tidak seperti dulu masih selamat atau menyapa. Apalagi dengan teknologi smartphone bisa juga berdampak buruk meski ada baiknya juga. Apalagi di tengah Pandemi Covid- 19 ini, setelah perkenalan siswa sudah libur sehingga pihaknya terus memantau siswa melalui Aplikasi Zoom”, tutupnya.


Reporter:  YOR T


Komentar