Beranda Politik DPRD Kabupaten Kupang Gelar Kunker ke DPRD TTS Guna Diskusi Refokusing dan...

DPRD Kabupaten Kupang Gelar Kunker ke DPRD TTS Guna Diskusi Refokusing dan Relokasi Anggaran 2021

542
0

SoE-flobamora.news.com, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang gelar kunjungan kerja ke DPRD Timor Tengah Selatan. Pasalnya giat tersebut guna berdiskusi tentang Refokusing dan Relokasi anggaran tahun 2021. Pertemuan tersebut berlangsung di runag Ketua DPRD pada, Jumat (19/3/2021).

Turut hadir, Komisi IV DPRD Kabupaten Kupang, diantaranya: Sactico C Masneno, Benediktus Humau, David Daud, Octo. Dj. P. Laa, Yosef Lede, Yacobis Dethan, Yscobis Klau, Matan Minfini, Linden Sanam Dan Ursula. M.Totos – Bella, dan di terimah oleh Ketua DPRD kabupaten TTS, Marcu Mbau, SE, wakil ketua I, Religius Usfunan,SH didampingi oleh Ketua komisi IV, Marten Tualaka,SH,M.Si, dan anggota komisi IV, Yupik Boimau, Marliana Lakapu, Habel Hoti, Robinson Faot, Jason Benu, dan Ruba Banunaek.

Benediktus Humau kepada flobamora.news.com bahwa, hari ini komisi IV DPRD Kabupaten Kupang melakukan kunjungan ke teman-teman komisi IV DPRD Kabupaten TTS, yang membidangi pendidikan dan kesehatan. Kata Humau, inti dari diskusi kami adalah penanganan covid-19. Kenapa arah diskusi kami lebih mengarah ke covid, karena adanya covid dapat berpengaruh kepada pendidikan dan perekonomian masyarakat, sehingga konsekuansinya merujuk pada keuangan negara.

“Diskusi kami cenderung mengarah pada bagaimana penanganannya dan juga anggaran yang disiapkan oleh pemerintah daerah, yang dalam hal ini teman-teman Komisi IV yang bermitra langsung dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit, sehingga dengan pengalaman yang dimiliki kami bisa bertukar pikiran”, kata Benediktus.

“Alasan lainnya karena TTS juga termasuk daerah yang angka covid nya cukup tinggi, sehingga harapan kami kiranya masyarakat memiliki kesadaran untuk menerima vaksinasi covid-19. Masyarakat jangan mudah terpancing dengan berita atau informasi hoax tentang vaksin. Jika kita semua sudah melakukan vaksinasi, maka dengan sendirinya kita telah memutuskan mata rantai penyebaran covid-19”, tegasnya.

Sementara itu Wakil Ketua I DPRD TTS, Religius Usfunan S.H mengatakan bahwa, kunjungan hari ini hanya sekedar sering tentang refokusing anggaran dan relokasi anggaran.

“Dalam diskusi ini kami menyampaikan bahwa sudah selesai refokusing sesuai tuntutan dari surat edaran SE.Nomor 2 Kemengkeu dan PMK 17 tahun 2021. Kita sesuaikan PMK bahwa 8% dari dana DAU dan dana DAK di refokusing, dan nanti direalokasi sesuai PMK itu untuk dana kelurahan guna penanganan covid, 25% untuk pemulihan ekonomi, 20% untuk perlindungan sosial masyarakat dan 15% untuk ekonomi rakyat. Hal yang sama juga dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Kupang.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten TTS, Marten Tualaka, juga mengatakan hal yang sama. Kita sampaikan kondisi DPRD dan Pemerintah Kabupaten  dalam melakukan refokusing dan relokasi anggaran tahun 2021 sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat.

“Dalam diskusi kami sampaikan juga bahwa, di Kabupaten TTS sudah melakukan vaksinasi covid-19. Hal ini tercapai karena adanya kesadaran masyarakat untuk bersedia divaksin. Tentu ini dapat memutuskan matarantai penyebaran covid-19”? tutup Marten.


Reporter:  Yor.T


Komentar