Beranda Wisata Budaya 40 Hotel di Kota Kupang belum diSertifikasi

40 Hotel di Kota Kupang belum diSertifikasi

184
0

KUPANG, Flobamora-news.com –Upaya peningkatan jasa pelayanan Hotel di Kota Kupang terus dilakukan oleh Asosiasi Jasa Hotel dan Dinas Pariwisata Kota Kupang. Upaya Ini sebagai rangkain kerja Dinas Pariwisata Kota Kupang yang dilaksanakan di Aula Hotel Naka, Kamis/15 Maret 2018 yang diikuti oleh staff dan pengelola Hotel.

Kadis Pariwisata Kota Kupang, Ester Muhu kepada beritaflobamora.com sampaikan bahwa dari 58 Hotel yang tersebar hanya 10 Hotel diantaranya Hotel Pelangi, Aston Hotel, Silvia Hotel, On The Rock Hotel yang telah melakukan sertifikasi, sisanya masih terkendala pada mahalnya proses sertifikasi hotel.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) NTT, Fredy Ongkosaputra ungkapkan masih Banyak Hotel yang belum tersertifikasi.

Banyak pemahaman yang perlu dimengerti pemilik hotel bahwa dengan Ada kompetensi pengelola Hotel dapat mengelola Hotel sehingga Lebih profesional. Juga dapat mengetahui kekurangan dari Pihak Hotel tersebut.

Penilaian sertifikasi dimulai saat tamu masuk Hotel hingga sarana prasarana Hotel hingga pada kejadian berupa penanggulangan kebakaran.
Hotel kecil ketakutan terhadap biaya besar terhadap LSU.

Perlu diketahui biaya sertifikasi mencapai 7,5 juta. Ketua PHRI menawarkan sertifikasi secara kolektif bagi Hotel kecil. Peninjauan ulang dilakukan setiap 6 bulan. Jika tak memenuhi syarat maka Hotel tersebut dapat diturunkan mutu sertifikasi.

Termasuk sertifikasi bagi para pekerja Hotel untuk pencapaian pelayanan maksimal bagi tamu hotel.

Fredy Juga menilai Pemkot Kupang belum fokus pada pariwisata dan peranan Kota belum maksimal dengan menetapkan arah dan peta pengelolaan Kupang sebagai Kota Wisata. (*/dure)

Komentar