Beranda Hukum & Kriminal Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri/Tipikor/PHI kelas IA Kupang

Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri/Tipikor/PHI kelas IA Kupang

291
0

KUPANG, Flobamora-news.com –Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Kupang, Dju Johnson Mira Mangingi , S.H.,M.H.. melakukan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Ibu Hj. Wari Juniati, S.H., M.H. sebagai wakil ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Kupang. Pengambilan sumpah bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Kupang, Jumat (22/11 2019).

Acara tersebut, dihadiri Walikota Kupang Jefri Riwu Kore, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara, Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, para Hakim dan Jaksa, Wakapolres Kupang, perwakilan dari Kodim 1604 Kupang, Wakilketua pengadilan Agama Kupang, Kepala lembaga Pemasyarakatan Wanita dan Anak-anak, Kepala Rutan, Asosiasi Advokat, Panitera, pejabat struktural maupun fungsional.

Dengan dilantiknya wakil maka unsur pimpinan 4 pilar di Pengadilan Negeri Kupang sudah lengkap. Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan bahwa pengadilan negeri kelas IA Kupang sudah mendapat akreditasi A Exelent di tahun kemarin, ucap Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA.
Memang sudah banyak perubahan-perubahan yang dilakukan tetapi untuk saat ini belum sesuai harapan.

Seharusnya, pengadilan negeri Kupang menjadi barometer bagi 16 pengadilan yang ada di NTT.
Tetapi saat ini, justru yang menjadi barometer adalah Pengadilan Negeri Oelamasi, karena Pengadilan Oelamasi merupakan satu-satunya Pengadilan umum yang diikutsertakan dalam lomba predikat wilayah yang bebas dari korupsi dan budaya birokrasi dalam melayani dan sekarang dalam tahap penilaian dari Menpan.

Tambah Johnson, bahwa diawal Januari 2020, akan dilakukan persidangan secara elektronik dan saat ini Pengadilan Negeri Kupang sudah melakukan uji coba di awal bulan November. Persidangan perkara perdata wajib dilakukan secara elektronik mulai dari pendaftaran, jawaban sampai keputusan tidak lagi tatap muka terkecuali pembuktian sesuai dengan tengang waktu yang di tentukan oleh majelis hakim.


Reporter: Sisca De Sousa


Komentar