Beranda Tak Berkategori Aneh! Pengacara Penggugat dan Tergugat Ditegur Ketua Majelis Hakim 

Aneh! Pengacara Penggugat dan Tergugat Ditegur Ketua Majelis Hakim 

800
0

SOE, Flobamora-news.com – Sidang kasus perdata tentang di Pengadilan Negeri Soe terasa aneh. Dimana pengacara penggugat Simon Tunmuni S.H. dan pengacara tergugat Nikolaus Toislaka.S.H., Isak B. Baun S.H. dan Jems Toislaka S.H. saling ada mulut lantaran ingin sepakati agenda sidang lanjutan kasus perdatata tentang perbuatan melawan  hukum antara penggugat Hendrik tasuab dan tergugat Oktofianus Toto.

Sesuai ketentuan hakim ketua John Michel Leuwol, S.H. bahwa sidang lanjutan kasus perdata tentang perbuatan melawan hukum, pada kamis 11/06/2020 dengan agenda menghadirkan saksi ahli dan sapi sengketa di pengadilan negeri soe. Mendengar permintaan Hakim ketua maka pengacara dari kedua bela pihak bersepakat untuk siapa yang harus menghadirkan saksi ahli.

Menurut Pengacara penggugat bahwa sebaiknya menghadirkan saksi ahli, sapi sengketa dan induk dari sapi sengketa yang ada pada pihak penggugat dan tergugat untuk dilakukan tes Deoxyribo Nucleic Acid (DNA). Sedangkan pengacara tergugat menolak agar sidang tanggal 11/06/2020, cukup menghadirkan saksi ahli dan sapi sengketa. Jika dalam pemeriksaan saksi ahli majelis hakim meminta untuk melakukan tes DNA, barulah kedua bela pihak menghadirkan induk dari sapi sengketa.

Namun usulan dari Pengacaranya tergugat tidak diterima oleh pengacara penggugat sehingga ruangan sidang sempat bersi tegang hingga majelis hakim ketua mengetok palu dengan keras hingga suasana ruang sidang langsung hening.

Ketua Majelis Hakim, John Michel Leuwol S.H. memberi teguran keras buat pengacara penggugat dan tergugat agar selalu beretika dalam menghadiri sidang.

“Yang memimpin sidang adalah hakim, bukan pengacara, jadi tolong beretika dalam mengikuti sidang. Disini bukan tempat untuk bertengkar, dan tolong posisikan diri dan berlaku seperti seorang sarjana.
Jadi kami tiga orang hakim memutuskan bahwa sidang lanjutan kamis 11/06/2020. Sidang selanjutnya  menghadirkan saksi ahli dan sapi sengketa. Jika harus dilakukan tes DNA maka itu akan dilakukan setelah selesai pemeriksaan sapi sengketa”, pungkas John


Reporter: Yor T


Komentar