Beranda Kesehatan Ayo Berperilaku Hidup Sehat, Ikuti Germas

Ayo Berperilaku Hidup Sehat, Ikuti Germas

268
0

KUPANG, Flobamora-news.com -Sosialisai Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) konsisten dilaksanakan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Kab/Kota dilaksanakan di Gereja Efata Kelurahan Bello, Kota Kupang, Rabu/16 Mei 2018. Sebelumnya pada Selasa/15 Mei 2018 dilaksanakan di Gerena Kaisarea Kel Kolhua-Kec Maulafa

Dihadiri dan diikuti oleh seluruh warga Bello dan sekitarnya, Kegiatan Germas diinisiasi oleh Kementrian Kesehatan RI Bekerja sama dengan Komisi IX DPR RI dan Pemkot Kupang.

Kadis Kesehatan Kota Kupang, dr Ari Wijana menjelaskan bahwa seluruh masyarakat harus terlibat dalam perbaikan hidup sehat yang berkaitan dengan pencegahan (preventif) dan pengenalan (promotif).

Tujuan Germas untuk menggerakkan masyarakat untuk hidup sehat dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan/stakeholder (Kepala Daerah, Dinas/SKPD, Lurah/Kades, Para Kader, Tokoh Masyarakat dan Toko Agama untuk Menjadi motivator menggerakkan masyarakat untuk Hidup Sehat.

Sugiharto, SKM, MM, Badan SDM Kesehatan, Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan Kesehatan Masyarakat, Kementrian Kesehatan RI berkenan terjun langsung memberikan pencerahan kepada stakeholder dan semua elemen masyarakat terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Kementrian Kesehatan Tidak Bisa Bekerja Sendiri Harus dilaksanakan lintas sektor “, jelas Sugiharto

Sugiharto berharap dari 300 orang dari unsur Individu, keluarga, masyarakat, akademisi, dunia usaha, organisasi. Masyarakat yang terlibat dalam Germas melakukan proses duplikasi dan replikasi bagi sosialisasi tentang Germas.

“Tidak ada kata terlambat untuk Pelaksanaan Germas “, tandas Sugiharto

Lanjut Sugiharto, “Kementrian Kesehatan di unit eselon I Badan PPSDM laksanakan Germas di 117 Kota termasuk di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur “

Sugiharto juga mengajak masyarakat untuk memeriksa tekanan darah tinggi dan berat badan secara berkala.

Perlu diketahui bahwa dalam 30 Tahun terakhir, Saat tahun 1990 terdapat banyak Penyakit Menular seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas, Tuberkulosis, Diare, namun sejak tahun 2010 mulai bermunculan Penyakit Tidak Menular seperti Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi), Stroke, Jantung, Kanker, Kencing Manis (Diabetes)

Transisi Epidemologi berupa pergeseran Penyakit dari Penyakit menular ke Penyakit Tidak menular. Karena perubahan Gaya Hidup dengan “Gaya Hidup Jaman Now “ yang meningkatkan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang harus dicegah Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Tidak Menular diantaranya kurang aktifitas, kurang konsumsi buah dan sayuran, minum alkohol, merokok, buang air besar sembarangan menyebabkan kegemukan/obesitas, serangan jantung. (*/dure)

Komentar