Beranda Hukum & Kriminal Bantu TKI Scan KTP Mantan Desa Toianas Langgar Moratorium Gubernur NTT

Bantu TKI Scan KTP Mantan Desa Toianas Langgar Moratorium Gubernur NTT

4196
0

Satu KTP dibayar Rp. 550.000, 00

KUPANG, Flobamora-news.com – Gubernur NTT telah mengeluarkan Moratorium terkait larangan kepergian Tenaga Kerja Indomesia asal NTT ke luar Daerah atau negara lain. Pencabutan Moratirium ini sampai sekarang belum diketahui Pasti. Namun Hal ini tidak diindahkan oleh Lasarus Sae mantan Kepala Desa Toianas Kecamatan Toianas Kabupaten TTS.

Hal ini diketahui saat petugas Satuan Tugas (Satgas) TKI Ilegal mencekal keberangkatan Satu orang tenaga kerja di Bandara Udara (Bandara) El Tari Kupang, pada hari Rabu (24/7/2019) sekitar pukul 09.50 Wita

Petugas Satgas TKI Nonprosedural mencekal Satu (01) Calon tenaga kerja nonprosedural didepan pintu cek in Bandara El Tari Kupang.
Tujuan Kupang-Surabaya-Medan via Lion Air JT 0695
Adapun data nama Calon Tenaga Kerja sebagai berikut :

Nama: Yohana Bani
TTL. : Oenunuh,30-08-1995
Jenis Kel. : Perempuan
Dik akhir :SD
Tujuan : Kupang-Medan
Alamat : Milli
RT/RW : 009/003
Desa/Kel : Milli
Kecamatan: Toianas
Kab : TTS

Bahwa calon tenaga kerja tersebut saat diinterogasi calon tenaga kerja tersebut mengaku ke Medan untuk membantu saudaranya melahirkan. Namun setelah didalami keterangannya ternyata Ia mengaku ke Medan untuk bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga dengan upah kerja Rp.1.500.000/bulan.

Dari hasil pemeriksaan diketahui KTP Calon tenaga kerja tersebut adalah KTP SCAN dan Ia mengaku KTP tersebut dibuat oleh Bapak Mantan Kepala Desa Milli Kec.Toianas an.LASARUS SAE dan dari hasil pembuatan KTP Scan tersebut LASARUS SAE mendapat upah Rp.550.000/KTP.

Selanjutnya karena akan berangkat bekerja keluar daerah secara nonprosedural petugas Satgas TKI memberikan pemahaman tata cara bekerja kemudian menunda keberangkatan calon tenaga kerja tersebut.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar