Beranda Lintas NTT Bawaslu Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Bagi Kaum Muda

Bawaslu Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Bagi Kaum Muda

443
0
MALAKA, Flobamora-news.com –Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 bagi kaum muda. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemuda utusan dari 12 kecamatan.
Sosialisasi dilaksanakan di Aula Hotel Cinta Damai, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (08/01/2020).
Anggota Komisioner Bawaslu Petrus Kanisius Nahak saat membawakan materi, menegaskan bahwa dalam pasal 71 ayat 1 Undang-Undang Pilkada nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, Aparatur Negeri Sipil (ASN) dilarang terlibat dalam kampanye atau melakukan hal yang menguntungkan salah satu calon.

“Aparatur Negeri Sipil (ASN) dilarang terlibat dalam kampanye atau melakukan hal yang menguntungkan salah satu calon. Termasuk kepala Desa dan Aparatur Desa tidak boleh menjadi tim sukses atau juru kampaye untuk salah satu figur”, jelas Petrus.

Dikatakannya, pengawasan partisipatif dari pemuda dan Masyarakat umum sangatlah dibutuhkan dalam mengawasi tahapan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2020 agar Pilkada berjalan sehat dan berkualitas.

Sementara Sekertarus umum Gerakan Mahasiswa National Indonesia (GMNI) cabang Belu Vicky menegaskan bahwa  peran pemuda harus optimal dalam mengawal tahapan Pilkada agar menciptakan Pilkada Malaka yang berkualitas.

“Saya mengajak teman-teman pemuda untuk kita kawal ketat tahapan pilkada Malaka kali ini, sehingga berjalan sesuai amanat undang-undang karena realita yang terjadi bahwa ada oknum-oknum pejabat yang terlibat aktif dalam politik praktis”, tegas Vicky.

“Untuk mencapai Pilkada Malaka yang berkualitas, maka “Pemuda Malaka harus menjadi pilar utama dalam proses Pengawasan Pilkada untuk melahirkan pemimpin yang lebih baik”, ujarnya.

 


Reporter: Harry Metak


Komentar