Beranda Ekonomi Bisnis Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Uang Tunai BI dan BRI Cabang Kupang Luncurkan...

Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Uang Tunai BI dan BRI Cabang Kupang Luncurkan “Website Pasar”

187
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Penyebaran covid-19 melalui uang tunai terus bertambah, tentunya semakin banyak masyarakat meninggalkan uang tunai sebagai alat pembayaran dan memilih bertransaksi secara non tunai. Kondisi ini membuat kebutuhan digitalisasi semakin meningkat. Hal ini tentunya mendorong transaksi non tunai beberapa bulan terakhir terus meningkat.

Melihat hal ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Nusa Tenggaa Timur bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kupang meluncurkan sistem pembelian dan penjualan barang dagang secara online ini dibuktikan dengan website pasar. Kegiatan ini berlangsung di halaman pasar Tradisional Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur pada, Kamis, (24/9/2020) pagi tadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota dr. Hermanus Man, Kepala BI I Nyoman Ariawan Atmaja, Kepala BRI Cabang Kupang Stefanus Djurto Kepala Bank Mandiri Hermawan.

Peluncuran website pasar tradisional dengan pembayaran QRIS di Kota Kupang merupakan yang pertama kali di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menurut Kepala BRI Cabang Kupang Stefanus Djurto mengatakan, bahwa sudah ada 17 website pasar dan pagi kami meluncurkan website pasar Oebobo yang kemudian akan diikuti oleh pasar lainnya. BRI dan BI, akan bekerjasama memperbaiki sistem yang baru ini.

“Adanya website pasar ini, masyarakat bisa berbelanja tanpa harus ke pasar”, kata Stefanus.

“Kami akan bekerjasama dengan PD Pasar untuk menyediakan kurir dalam melakukan pengantaran barang yang dipesan. Juga akan mengedukasi para pedagang agar dapat memberikan barang yang berkualitas,” jelas Stefanus.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI I Nyoman Ariawan Atmaja menjelaskan dengan transaksi secara online tentu tercatat secara formal tercatat di sistem PDRB.

“Kantor perwakilan Bi turut mendukung dan mendorong transaksi digital, salah satunya melalui website ntt-maju.com. Website ini diharapkan dapat memudahkan pengunjung maupun pencari informasi untuk memperoleh informasi pedagang pasar melalui link website pasar BRI serta link pasar lainnya, pengusaha UMKM atau eCommerce UMKM lokal NTT serta informasi tempat ibadah atau sosial dalam melakukan donasi”, ujarnya.

Wakil Walikota Hermanus Man myampaikan dukungan Pemerintah Kota Kupang dan menyambut baik sistem pembayaran dan transaksi secara online.

“Dengan sistem ini, tentu akan mendukung program pemerintah kota ” Kupang Bahaya ” menjadi lebih baik”, tutup Herman.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar