Beranda Internasional Covid-19 : Orang Yang Datang dari Wilayah Zona Merah Tidak Otomatis ODP

Covid-19 : Orang Yang Datang dari Wilayah Zona Merah Tidak Otomatis ODP

650
0

Belu, Flobamora-news.com – Para Pelaku Pejalan Beresiko (PPB) Tidak Otomatis menjadi ODP. Akan Tetapi, PPB yang baru datang ke Kabupaten Belu tetap melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, dr. Joice Manek saat melakukan jumpa Pers di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pada, Senin (6/4/2020).

“Mereka yang baru datang dari beberapa wilayah zona merah itu tidak otomatis masuk dalam ODP. Akan tetapi, mereka tetap kita pantau. Mereka juga kita sarankan untuk tetap melakukan karantina mandiri selama 14 hari,” jelas dr. Joice Manek.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa karantina mandiri dilakukan saat mereka datang dan melaporkan pada tim Gugus Tugas. Model pemantauan pun dilakukan dengan mendatangi langsung PPB juga melalui telepon.

“Jadi, setelah melapor, petugas akan memantau secara berskala. Pemantauan dilakukan dengan mendatangi langsung atau melalui telepon. Bila mereka yang baru datang mengalami gejala, kita akan langsung mengarahkan ke Puskesmas terdekat,” terangnya.

Untuk ODP dan PPB, pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tetap menyarankan agar selama masa pemantauan selalu menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan sesering mungkin.

“Untuk ODP dan PPB sebisa mungkin dalam masa pantauan selama 14 hari, harus selalu menggunakan masker saat keluar rumah, harus selalu jaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan sesering mungkin,” pesannya.

Terkait dengan Data terbaru dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belu, dari Wilayah Kerja 17 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan, hingga Senin (6/4/2020), jumlah PPB bertambah menjadi 782. Jumlah ini meningkat sebanyak 48 orang dari hari sebelumnya hanya 734.

Sedangkan jumlah ODP berkurang 4 orang dari hari sebelumnya menjadi 44 orang karena telah selesai masa pemantauan.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 nihil.

Kendati data monitoring PDP dan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Belu nihil, Pemerintah Kabupaten Belu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada dengan terus menjalankan pola hidup sehat, berdiam diri di rumah, menjaga jarak fisik apabila bertemu orang lain, tidak boleh bersentuhan atau membatasi interaksi fisik, menghindari kerumunan orang, dan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun.

Bagi warga Kabupaten Belu yang baru pulang dari luar daerah terutama daerah yang terinfeksi Covid-19 agar melaporkan diri ke Posko Gugus Tugas melalui call center 081238654568 yang aktif 24 jam untuk selanjutnya mengikuti arahan petugas termasuk mengisolasi diri.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut, Plt. Sekda Belu yang juga Ketua Gugus Tugas, Marsel Mau Meta, Kadis Kominfo Kabupaten Belu, Johanes A. Prihatin dan Kabag Protokol yang juga juru bicara Gugus Tugas Kabupaten Belu, Melianus M. Loe Mau.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar