Beranda Ekonomi Bisnis Covid-19: Semua Pos Batas Darat Timor Leste Hanya Buka Dua Jam dalam...

Covid-19: Semua Pos Batas Darat Timor Leste Hanya Buka Dua Jam dalam Seminggu

735
0

Belu, Flobamora-news.com – Dalam rangka pencegahan Covid-19, maka Pemerintah Timor Leste mengeluarkan sebuah kebijakan untuk hanya membuka dua jam dalam seminggu semua Pos Perbatasan Darat Timor Leste – Indonesia. Hal ini sesuai dengan surat pengumuman resmi nomor: No.AU/05/2020 yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Timor Leste pada, Jumat (3/4/2020).

Dalam pengumuman tersebut, dikatakan bahwa untuk mencegah penyebaran COVID 19 pada masyarakat Timor-Leste. maka Imigrasi Timor Leste menerapkan putusan bersama antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri Timor Leste N0.02/III/2020 tanggal 30 Maret tentang penerapan langkah pengurangan jam kerja Pos Perbatasan Darat dan mengenai persyaratan untuk masuk dan keluar (lintas batas) dengan pengecualian yang bersifat sementara dengan tujuan untuk memasang ruang karantina di semua zona Perbatasan Darat.

Sesuai dengan putusan bersama tersebut, maka kantor Imigrasi Timor Leste menyampaikan beberapa poin pengumuman antara lain:

Pertama, Membatasi waktu kerja dari semua Pos Perbatasan Darat menjadi satu kali dalam seminggu yaitu pada hari Rabu antara jam 10:00 – 12:00 Waktu Timor Leste.

Kedua, mengingat aturan dari putusan yang telah dibuat dengan menjunjung tinggi kepentingan Nasional dan putusan pengurangan jam kerja, maka hanya diizinkan masuk bagi warga negara Timor Leste saja dan kendaraan barang (pemasaran).

Ketiga, berdasarkan ayat 23 alinea a) dari Undan-Undang Keimigrasian No. 11 tahun 2017 tertanggal 24 Mei mengatakan bahwa harus menolak warga negara asing (WNA) yang tidak memenuhi syarat (kriteria) menurut undang-undang yang telah disebutkan dan harus mematuhi Resolusi (keputusan) Pemerintah No. 10 Tahun 2020 tertanggal 19 Maret, harus menolak Warga Negara Asing yang memasuki wilayah Nasional Timor Leste.

Keempat, Yang tidak diizinkan memasuki teritorial Nasional Timor Leste:
a. Warga Negara Asing yang tidak menunjukkan kartu tinggal sementara yang masih berlaku dengan sepengetahuan dari Institusi Nasional terkait (visa kerja, Kartu AR, Visa Spesial, dan Kartu Diplomat).
b. Warga Negara Asing yang tidak menunjukkan surat keterangan lahir di Timor Leste.
c. Warga Negara Asing yang tidak menunjukkan bukti dari Kementerian Kehakiman untuk mewakili anak di bawah umur (anak dan pemuda/pemudi) Timor Leste.
d. Pengumuman ini mulai berlaku secara efektif dari hari minggu tanggal 5 April 2020.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar