Beranda Lintas NTT Danramil Lewoleba Mewakili Dandim Flotim Menghadiri Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lembata

Danramil Lewoleba Mewakili Dandim Flotim Menghadiri Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lembata

196
0

LEMBATA, FLOBAMORA-NEWS.COM – Danramil 1624-03/Lewoleba Mewakili Dandim 1624/Flotim menghadiri Apel Gelar Pasukan  2020 yang dipimpin Kapolres, AKBP Yoce Marten, SH, S.I.K, M.I.K. dengan tema: “Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Turangga – 2020 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman, nyaman menjelang perayaan Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 di tengah Pandemi Covid 19” . Kegiatan tersebut berlangsung di Polres Lembata Jalan Trsns Lembata Kelurahan Lewoleba Tengah Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata NTT pada, Senin 21/12/2020.

Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua DPRD Petrus Gero, S.sos, Danramil 1624-03/Lewoleba, Mayor Chb. Ihsan,Danramil 1624-07/Loang, Lettu Inf. Laudovik Bataona, Danpos TNI-AL Lembata Letda Laut (PM), Triawan A, S.H, para Perwira Polres Lembata, Sekretaris Pol. PP Lembata Paskalis Leuwehek, Kepala Bandara Wunopito Lewoleba Muhamad Syaiful Zuhri, S.Sit. Perwakilan Ka Lapas Kelas III Lembata Danie, Sekcam Nubatukan Mustan, mewakili Kepala PT. PLN Persero Ranting Lembata, Syaifuddin Bahri, kasi. Lalin Dishub Andre B. S. Tr., mewakili Direktur APMS. PT. Hikam Lewoleba, Nurhayati, S.E. 100 personil dari Koramil 1624-03/Lewoleba, Koramil 1624-07/Loang, Sat Lantas Polres, Sat Sabhara Polres, Polsus, Dishub Lembata, Intelkam polres dan Pramuka lembata

Amanat Kapolri dibacakan oleh Kapolres bahwa Puji dan syukur Kehadirat ALLAH karena dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan operasi lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya. Perayaan natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian. Tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas gangguan kamseltibcar dan pelanggaran protokol kesehatan cofid19. Oleh karena itu Polri menyelenggarakan operasi lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif secara Humanis, tegas dan proporsional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid 19 masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

Adapun beberapa penekanan dari Kapolri sebagai berikut:

Pertama: Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan dalam setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua:  Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ketiga: Tingkatan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021.

Keempat: Berikan pelayanan terbaik lengkapi sarana prasarana dan perlengkapan perorangan yang memadai.  Lakukan penugasan anggota dengan body sistem dalam melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak secara tegas namun Humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Kelima: Mantapkan kerjasama Sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19 yaitu mencuci tangan memakai masker menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin tahun 2020 ini. Semoga pengambilan tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Sekecil apapun peran yang diberikan kepada mu itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucu”, tutup Kapolres.

Upacara selesai dengan tertib dan aman di lanjutkan dengan pemusnahan barang ilegal berupa miras, bahan bahan kadaluwarsa di saksikan para undangan dan selanjutnya TNI POLRI melaksanakan patroli bersama di seputar kota Lewoleba.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar