Beranda Nasional Danrem 161/WS Resmikan Pompa Hidram di Belu Perbatasan RI-RDTL

Danrem 161/WS Resmikan Pompa Hidram di Belu Perbatasan RI-RDTL

227
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Danrem 161/WS Brigjen TNI Legowo W. R Jatmiko meresmikan pompa air hidram tahap pertama bantuan Pangdam IX/Udayana di Kabupaten Belu. Pembangunan tersebut merupakan program inovasi Kodam IX/Udayana berlokasi di Dusun Lo’okun, Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen Kabupayen Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL pada, Minggu (30/5/2021).

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan bahwa pompa air hidram merupakan program Pangdam IX/Udayana. Untuk tahap pertama di jajaran Korem 161 terdapat 22 titik pompa air hidram.

“Khusus di wilayah Kodim 1605/Belu ada 3 titik pompa air hidram. Satu titik diresmikan hari ini dan kita patut bersyukur pompa air hidram bisa digunakan warga Desa. Nantinya, untuk dua titik akan dikerjakan lagi pada tahap berikutnya,” terang Legowo.

Dijelaskan, tujuan dari program pompa air hidram ini untuk sejahterakan warga masyarakat khususnya kebutuhan akan air bersih. Dimana kondisi di daerah kita rata-rata daerah ketinggian sehingga susah untuk menaikan air, padahal sesungguhnya dibawah tanah itu ada sumber mata air.

Sehingga Pangdam IX/Udayana cetuskan program pompa air Hidram. Cara kerja pompa air Hidram tidak menggunakan listrik, akan tapi menggunakan tekanan dari air itu sendiri.

“Dengan peresmian hari ini sekaligus sosialisasikan ke seluruh masyarakat, apabila mengalami kesulitan dalam kebutuhan air bersih, padahal ada sumber mata air agar bisa laporkan segera ke Koramil atau Kodim sehingga kita dapat mengatasinya melalui teknologi pompa hidram ini,” kata Legowo.

Dia menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat atas kerjasamanya, dedikasinya sehingga kami prajurit Kodam IX/Udayana khususnya Korem 161/Ws terbantu dalam program pompa Hidram ini baik tenaga, pikiran maupun dukungan moril kepada anggota Kodim 1605/Belu dalam mengerjakan pompa hidram ini.

“Dengan adanya pompa Hidram ini mudah-mudahan bisa membantu meringankan masyarakat yang ada disini sehingga tidak perlu turun lagi ke mata air untuk mengambil air,” harap Legowo.

Sementara itu Camat Lamaknen Roni Mau Luma mengatakan, program pompa hidram ini adalah anugerah, cinta prajurit TNI untuk negeri ini, dimana warga disini kesulitan akan kebutuhan air bersih.

Namun, melalui kehadiran TNI dapat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat dan ini sangat luar biasa sekali. Hati yang mulia dari TNI terutama Bapak Pangdam, Danrem dan jajarannya dapat merasakan apa yang selama ini masyarakat rasakan akan kesulitan dalam kebutuhan air bersih.

“Atas kasih cinta dari jajaran TNI khususnya Pangdam, Danrem, Dandim dan jajarannya akhirnya dapat membantu kami. Ini sangat luar biasa warga kami tidak lagi kesusahan air bersih karena telah ada pompa air hidram,” ujar Roni.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Kasi Intel Korem 161/WS Kol. Inf Abdul Mufakher, Dandenkesyah 09. 04. 01 Kupang Letkol CKM. dr. Agus Supriyadi, Komandan Kodim 1605/Belu Letkol Inf Wiji Untoro, Danden Zibang Kupang Letkol CZI Hanip Tupen, Camat Lamaknen Roni Mau Luma, Kasdim 1605/Belu Mayor Inf Ery Nunu, Pasiter Kodim 1605/Belu Kapten Inf Alex Bessie, Kapolsek Lamaknen serta Kepala Desa Dirun.


Reporter: Penrem 161 WS


Komentar