Beranda Lintas NTT Dengan Keterbatasan Puskesmas Kie Layani 13 Desa, Mohon Perhatian Pemda TTS

Dengan Keterbatasan Puskesmas Kie Layani 13 Desa, Mohon Perhatian Pemda TTS

402
0

SOE, Flobamora-news.com – Panitia Khusus LKPJ Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Timor Tengah Selatan kembali melakukan Kunjungan Kerja ke Puskesmas Kie di Desa Napi Kecamatan Kie, kabupaten TTS. Provinsi  Nusa Tenggara Timur pada Kamis (4/6/2020).

Dalam.kunjungan tersebut Ketua Pansus dan Anggota DPRD disambut Kepala Puskesmas Kie, Helena Carvallo, A.Md.keb.

Pada kesempatan tersebut Helena mengatakan bahwa
tenaga gizi di Puskesmas Kie tidak ada, sehingga kami pakai tenaga magang tanpa upah. Disamping itu juga Puskesmas Kie melayani 13 desa, yang menjadi kendala adalah ketika melayani ibu melahirkan. Untuk menjemput ibu melahirkan mobilnya satu saja dan sopirnya juga satu saja sehingga pelayanannya kurang maksimal.

lLebih lanjut Helena menjelaska, Persiapan obat-obat dan peralatan juga kurang, sehingga hal itu yang membuat pasien harus dirujuk ke RSUD Soe. Selain itu di puskesmas Kie juga kesulitan air, sehingga harapan kami kalau bisa melalui aspirasi kami, bapak ibu dewan bisa memperjuangkan kesulitan yang kami alami. Kami sudah mendapat dana Covid-19 dari propinsi, sedangkan dari kabupaten sama sekali belum.

Sementara itu Camat Kie, Ludovikus Kause S.Sos. mengatakan untuk pelayanan kesehatan perlu ada penambahan tenaga pelayanan gizi, penambahan mobil ambulance, sopir ambulance, penambahan dana, dan penambahan dokter. Karena dokter di puskesmas kie hanya satu dokter saja, bagaimana satu orang bisa melayani pasien di 13 desa.

Ketua pansus, Marten Tualaka, SH, MS.i meminta agara laporan yang telah di sampaikan di buat dalam bentuk laporan tertulis agar nanti DPRD memperjuangkannya.


Reporter: Yor T


Komentar