Beranda Lintas NTT Diperbaiki Rekanan, Atap Puskesmas Prototype Siso Tetap Bocor

Diperbaiki Rekanan, Atap Puskesmas Prototype Siso Tetap Bocor

314
0

SOE, Flobomora-news.com – Puskesmas Prototype Siso, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) provinsi NTT, yang dikerjakan tahun 2019 lalu sempat mengalami kerusakan dan telah diperbaiki oleh pihak rekanan. Sayangnya masih ada kebocoran pada dua titik di depan pintu masuk dan bagian belakang. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Siso, Elsi Napoe kepada pansus DPRD TTS dalam kunjungannya kamis (14/4/2021)

“Kalau hujan, selalu ada kebocoran di dua titik, yang satu depan pintu masuk dan di bagian belakang.
Selain kebocoran juga ada rembesan pada hampir semua bagian bangunan Puskemas”, kata Elsi

Keluhan lain adalah Kebutuhan air dan listrik yang menggangu aktifitas pelayanan..Hal ini dikarenakan pihaknya harus membeli BBM eceran untuk mengoperasikan Generator Set (Genset).

“Setiap hari harus membeli air untuk kebutuhan MCK petugas dan pasien setiap harinya”, keluh Elsi

Terkait hal tersebut Anggota Pansus DPRD LKPJ, Hendrikus Babys mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Pemda agar setiap fasilitas pelayanan publik diperhatikan terutama kebutuhan air dan listrik. Sedangkan untuk kebocoran gedung puskesmas, sangat disayangkan karena meski sudah diperbaiki namun hasilnya seperti asal asalan.

“Ini jadi tanda tanya, masa dengan uang Milyaran namun pekerjaan seperti ini. Jadi tolong perhatikan kembali jangan sampai ini jadi kebiasaan yang mana setiap bangunan fasilitas umum dikerjakan asal jadi”, ujar anggota DPRD fraksi Partai Nasdem ini.

Sementara Anggota Pansus LKPJ Kenas Afi menduga adanya kesalahan teknis pada pekerjaan Puskesmas Siso yang menyebabkan adanya atap bangunan yang bocor dan sisi bangunan sebelah kiri miring.
Oleh sebab itu, dirinya meminta dinas teknis untuk mengkaji kembali bangunan Puskesmas tersebut. Dirinya mendorong pihak rekanan yang mengerjakan bangunan puskesmas tersebut untuk segera diperbaiki.
Jika tidak diperbaiki, dirinya mendorong pihak Kejaksaan untuk masuk melidik pekerjaan bangunan tersebut.

Terkait keluhan kesulitan memperoleh solar di SPBU, Kenas meminta kepada Pemda TTS untuk melakukan koordinasi dengan pihak SPBU agar memberikan kemudahan kepada pihak puskesmas untuk memperboleh solar.

“Pemda TTS harus proaktif untuk menjawab keluhan dari pihak Puskesmas. Baik bangunan yang bocor, maupun kesulitan memperoleh solar,” pinta Kenas.

Anggota Pansus LKPJ, Kenas Afi, Hendrik Babys, Jason Benu, Marliana Lakapu dan Yupic Boimau melakukan uji petik ke Puskesmas Siso. Dari Puskesmas Siso, rombongan Pansus LKPJ melanjutkan uji petik ke Tupan dan Tuasene guna melihat fisik pekerjaan jalan Tupan-Tuasene.

Diberitakan sebelumnya, Puskesmas Siso yang dibangun tahun 2019 dengan anggaran senilai 3,5 Miliar saat ini kondisinya sangat memprihatikan. Bangunan yang sudah di PHO ini, dalam kondisi rusak berat padahal usianya belum menginjak setahun.
Pet bagian kiri bangunan sudah ambruk. Sedikitnya ada delapan ruangan pelayanan yang plafonnya ambruk tiba-tiba pada Desember tahusak.

Untuk diketahui,Puskesmas Prototype Siso yang terjadi sejak Desember 2019 lalu namun terdapat banyak kerusakan.

LPT Kasih Sejati Perkasa selalu rekanan yang mengerjakan pekerjaan senilai 3,5 Miliar tersebut kemudian dipanggil dan membuat surat pernyataan bersedia untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan namun ternyata masih ditemukan kebocoran pada dua titik dan rembesan terjadi hampir di semua bagian gedung.


Reporter: YOR T


Komentar