Beranda Kesehatan dr. Oktelin: Status RSUPP Betun Tidak Turun Kelas Namun Jadi RS Tipe...

dr. Oktelin: Status RSUPP Betun Tidak Turun Kelas Namun Jadi RS Tipe C

656
0

MALAKA, Flobamora-News.com –Status RSUPP Betun tidak turun kelas Namun, Menjadi Rumah Sakit Tipe C. Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUPP Betun, dr. Oktelin Kaswadie saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (30/8-2019).

Menurut Oktelin, setelah dilakukan klarifikasi oleh management RSUPP Betun di Jakarta ternyata hasilnya diatas standart yang ditentukan yakni 80,17 Persen sementara standart nasional harus 75 Persen yang diminta kementrian.

“Saat klarifikasi di Kementrian persoalannya terletak pada data yang sudah diinput RSUPP Betun belum diVALIDASI secara ONLINE oleh Dinkes Malaka sehingga di kementrian terbaca 0 untuk jumlah SDM. Dengan demikian Status RSUPP Betun final dan tetap masuk kelas C dan tidak turun kelas seperti edaran kemenkes yang dilansir luas media massa”, katanya.

Dikatakannya, sesuai surat Kemenkes RI beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa di
NTT ada 21 RS harus penyesuaian Kelas RS lagi atau turun kelas dan harus dikenakan Pembinaan selama 1 tahun termasuk RSUPP Betun.

“Kita bersyukur karena upaya Manajemen RSUPP untuk memberikan Sanggahan terkait Rekomendasi Pertama yang menyatakan bahwa Tipe Kelas RSUPP Betun harus Turun Kelas dari Kelas C ke D ternyata membuahkan hasil. RSUPP Betun tetap menjadi RS Kelas C karena memang kenyataannya sesuai standart yang ditentukan kementrian dan SDM di RSU PP Betun diatas standart nasional yang ditetapkan”, jelas Oktelin.

Dasar kementrian mengeluarkan surat itu karena SDM di RSUPP Betun tidak memenuhi syarat alias nol. Setelah dicek ternyata data yang sudah diinput RSUPP Betun belum diVALIDASI secara ONLINE oleh Dinkes Malaka, sehingga di kementrian terbaca 0 untuk SDM. Sedangkan untuk Sarana dan Prasarana dari awal memang sudah memenuhi Standaf RS Kelas C.

‘Kita diberi waktu 30 hari lakukan sanggahan dan kita sudah ke kementrian ternyata SDM kita sangat memenuhi syarat dan diatas standart nasional.
Sesuai standart nasional kemenkes tetapkan 75 persen untuk SDM tetapi sesuai kondisi riil kita dinilai 80,17 Persen sehingga sangat memenuhi persyaratan dan diatas standart nasional”, pungkasnya.

 


Reporter: Heribertus


Komentar