Beranda Lintas NTT Dua Bangunan di Puskesmas Ayotupas Senilai Ratusan Juta Rupiah Mubasir

Dua Bangunan di Puskesmas Ayotupas Senilai Ratusan Juta Rupiah Mubasir

639
0

Foto: Pansus Saat Mendengar Penjelasan Kepala Puskesmas dan Petugas (Jor T)

SOE, Fobamora-news.com – Dua bangunan di puskesmas Ayotupas gagal kerja dan gagal manfaat, hal ini disampaikan oleh kepala puskesmas Ayotupas, kecamatan Amanatun Utara kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), ketika pansus LKPJ bupati TTS tahun 2019, melakukan uji petik pada,  Sabtu, (4/07/2020).

Kepala Puskesmas (KAPUS) Ayotupas, Lixdarice Pakuwali, S.Kep. meminta agar dibangun Puskesmas Prototype sebagaimana layaknya Puskesmas Prototype yang dibangun dibeberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Permintaan tersebut disampaikan oleh Kapus Lixdarice kepada tim Pansus ketika melakukan uji petik di Puskesmas Ayotupas, Sabtu (4/7/2020).

“Kami sudah usulkan ke BAPPEDA TTS agar dibangun Puskesmas Prototype di Ayotupas,” kata kapus.

Foto: Gedung Ponex Yang Mubasir (Jor T)

Ketua Pansus LKPJ Bupati TTS tahun 2019, Marthen Tualaka yang juga Ketua Komisi IV DPRD TTS dari Fraksi Partai Hanura mengatakan setelah kami (pansus) mendengar dan menerima laporan dan mendengar keluhan dari Kapus dan para petugas kesehatan maka pansus akan segera merekomendasikan ke Dinas Kesehatan agar segera ditindak lanjuti.

“Kita akan rekomandasikan agar nantinya bisa dianggarkan oleh Pemkab agar dibangun Puskesmas Prototype,” jelas Marthen.

“Bangunan ponex dan rumah dokter tersebut dinilai mubazir karena dikerjakan tahun 2017 tapi sampai dengan sekarang belum selesai. Jadi temuan ini juga akan kita rekomandasikan kepada pemerintah,” kata Marten Tualaka, yang didukung oleh wakil sekertaris serta anggota pasus yang hadir saat itu.

Wakil Ketua II DPRD TTS Nikolas Yusuf Soru yang bersama-sama dengan pansus LKPJ Bupati kepada sejumlah awak media bahwa, saya mendukung agar dibangun Puskesmas Prototype

“Saya dukung agar di Puskesmas Ayotupas bisa dibangun Puskesmas Prototype. Sebagai wakil ketua II DPRD TTS akan sampaikan kepada pemerintah agar puskesmas Ayotupas segera di benahi dan diperhatika,” jelas Yusuf.

Foto: Rumah Dinas dokter (Jor T)

Dalam uji petik, pansus mendapatkan dua bangunan yang mubasir di Puskesmas Ayotupas, Kecamatan Amanatun Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Terlihat dengan jelas di halaman Puskesmas Ayotupas ada dua bangunan yang dinilai sudah mubazir. Kedua bangunan tersebut adalah bangunan rumah dinas dokter dan bangunan gedung Ponex yang dibangun pada tahun 2017. Fisik bangunan Ponex terlihat tembok tanpa atap, sedangkan bangunan rumah dokter, sudah di atap, namun tidak memiliki pintu dan jendela.

Menyangkut dengan dua bangunan di puskesmas Ayotupas yang di nilai mubasir dan tidak bermanfaat Kapus Ayotupas Lixdarice mengaku bahwa, ia sudah melaporkan hal ini kepada Kepala Dinas Kesehatan TTS. “Saya sudah laporkan ke Kepala Dinas Kesehatan tentang dua bangunan yang belum selesai dikerjakan namun belum ada respon dari dinas kesehatan,” kata Kapus Lixdarice.


Reporter: JOR T


Komentar