Beranda Pendidikan English Speech & Story Telling Competition – Tingkatkan Komunikasi & Kecerdasan Emosi

English Speech & Story Telling Competition – Tingkatkan Komunikasi & Kecerdasan Emosi

568
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Kompetisi Pidato Bahasa Inggris dan Bercerita (English Speech & Story Telling Competition 2018) yang diadakan oleh Hand Fortuna English Center Kupang merupahkan Kompetisi rutin yang dilaksanakan sejak tahun 2014.

English Speech & Story Telling Competition 2018 memperebutkan Piala Bergilir dari Walikota Kupang dan thropy dari HAND FORTUNA diselenggarakan setiap tahun pada bulan Mei minggu 1 & 2 sejak tahun 2014.

Kepala HAND FORTUNA Kupang, Ratna Pongkapadang kepada beritaflobamora.com menjelaskan bahwa tahun ini adalah tahun ke 5 pelaksanaan English Speech & Story Telling Competition.

“Kompetisi ini mencakup 8 kategori: Taman Kanak Kanak (TK) , Sekolah Dasar (S) Kelas 1-3, SD Kelas 4-6, Sekolah Menengah Pertama (SMP) , Sekolah Menengah Atas (SMA), Mahasiswa/Universitas, Guru dan Profesional/ Dewasa Umum “, jelas Ratna Pongkapadang.

Tahun 2018, Babak Penyisihan diselenggarakan dari tanggal 2-5 Mei 2018 sedangkan Final diadakan dari 18-19 Mei 2018 dengan mengusung tema Mencintai Kupang (Love Kupang V)

Lanjut Ratna, “Alasan diselenggarakan pada bulan Mei karena bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional dan Ulang Tahun (Ultah) Kota Kupang “.

“Tujuan utama dari kompetisi ini bukanlah semata mata lomba berbahasa Inggris tetapi lebih fokus pada Soft Skills dan isu penting untuk disuarakan bersama“, terang Ratna.

Untuk diketahui Soft Skill berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, ketrampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Topik yang diberikan berbeda untuk setiap kategori dan dipilih berdasarkan observasi selama berbulan bulan sebelumnya “, pungkas Ratna.

Sedangkan Juri dalam kompetisi adalah para relawan yang berkualitas (qualified) dan netral yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Para pemenang menerima Piala Bergilir dari Walikota Kupang, Thropy, Uang Tunai dari HAND FORTUNA, dan Sertifikat untuk semua Finalis.

Adapun hasil Kompetisi English Speech & Story Telling Competition sebagai berikut:

Kategori Taman Kanak kanak (Kindergarten) Peringkat I Isabel Astaria Medah (Apple Tree), Peringkat II Queenzha Azkania Amberly Malelak( Apple Tree) dan Peringkat III Jaden Lianto( Excellent Spirit Christian School)

Kategori Sekolah Dasar (SD A) Peringkat I Therezia F. Edel T. B. Diaz (SDK St. Yoseph 2), Peringkat II Audrey Daniella Susanto( NCIPS), Peringkat III Mitchell A. R. Arnold( Excellent Spirit Christian School), Peringkat IV Jesslyn Talitan( NCIPS) dan Peringkat V Caithlen Olivya Giuletta( NCIPS)

Kategori Sekolah Dasar (SD B) Peringkat I Cara Pruessner( Excellent Spirit Christian School), Peringkat II Marcello E. J. W. Pelt ( SDK Tunas Gloria) dan Peringkat III Sheviera Sahrul(SD Bertingkat Kelapa Lima 2)

Kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP) Peringkat I Maria A. N. K. Muller (SMPK St. Yoseph), Peringkat II Anastazia I. Aracelly (SMPK Generasi Unggul) dan Peringkat III Arif Satria Pratama (SMPN 2 Kupang)

Kategori Sekolah Menengah Atas (SMA) Peringkat I Reza Natalia Rompas(SMAK Generasi Unggul), Peringkat II Raniati Mone (SMAN 3 Kupang) dan Peringkat III Bernaldy Tanody (SMAK Mercusuar)

Kategori Universitas, Peringkat I Aldi Brilianzha (UNIKA), Peringkat II Febriani Tokan (UNDANA) dan Peringkat III Fatma Djawas (UNDANA)

Kategori Guru (Teachers), Peringkat I Stefania Seak Tahu(Apple Tree), Peringkat II Semuel Riwu Hadjo (Excellent Spirit Christian School) dan Peringkat III Aldiyan Domu Hamanay (SMAK Lentera Harapan)

Sedangkan Kategori Professional, Peringkat I Rambo Pandapotan Hasibuan (Apple Tree), Peringkat II Prasetyo A. Sesiliaan Lonakioek (LPP RRI Kupang) dan Peringkat III Maria K. Apriliani( LP3I College). (*/dure)

Komentar