Beranda Hukum & Kriminal KemenKominfo Timor Leste Apresiasi Wartawan Indonesia

KemenKominfo Timor Leste Apresiasi Wartawan Indonesia

398
0

Timor Leste, Flobamora-News.com – Sebanyak lima Wartawan Indonesia, menghadiri hari peringatan peristiwa pembantaian Lima Jurnalist asing Australia yang terjadi pada 16/10/1975 silam, di kecamatan Balibo, Republik Timor Leste. Peristiwa ini populer disebut peristiwa BALIBO V.

Upacara peringatan Balibo V ke-44 yang di selenggarakan oleh Dewan Pers Republik Demokratika de Timor-Leste ini merupakan kegiatan Perdana Dewan Pers Timor Leste yang melibatkan pejabat pemerintahan dan wartawan dari manca Negara.

Upacara peringatan Balibo V, berlangsung di Kecamatan Balibo, Negara Timor-Leste, dibuka oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika ( KemenKominfo) Republik Timor-Leste yang dihadiri oleh perwakilan wartawan dari Manca Negara, seperti Australia, dan perwakilan dari Indonesia.

Lima Wartawan perwakilan batas Indonesia Timur Leste tersebut, Masing-masing Wartawan Flobamora-News.com, Sergap.id, Harianmerdekapost.com KabarDaerah.com, Beritaperbatasan.com.

Peringatan Balibo Five yang berlangsung tanggal 15-16 Oktober 2019 ini dihadiri oleh beberapa pejabat Negara Timor-Leste seperti Kementrian Kominfo Timor Leste, Gubernur dan beberapa pejabat pemerintah lainya.

Mentri Komunikasi Pemerintah Timor Leste Mericio Juvinal Dos Reis Akara, dalam sambutan pembukanya memberikan apresiasi kepada wartawan perwakilan dari Indonesia dan Australia yang telah mengindahkan undangan dewan pers Timor Leste ini.

“Kehadiran Teman-teman wartawan dari Indonesia dan Australia ini bagi kami suatu kehormatan, dan kami apresiasi kehadiran teman-teman”. Tutur Akara

” Mari kita sama-sama berdiskusi sering pengalaman dalam kode etik jurnalist, sehingga menjadi pedoman untuk para jurnalist kami yang ada di Timor Leste ini, sehingga peristiwa serupa seperti BALIBO V ini tidak boleh terulang lagi”. Tutupnya.

Ketua Dewan Pers Republik Demokratika de Timor Leste Virjiliu Da Silva Guterres mengatakan,Tujuan dari kegiatan ini, selain memperingati peristiwa Balibo V, kegiatan ini merupakan ajang diskusi publik, lebih kepada diskusi kebebasan Pers. Sering pengelaman tentang kebebasan pers, antara berberapa perwakilan negara yang hadir.Papar Virjiliu.

Kesempatan pertama diberikan untuk Batas Indonesia yang diwakili oleh wartawan sergap.id Oktavianus Seldy Berek.

Seldy mengatakan, “jika ingin menjadi wartawan yang dikenal dunia atau daerah harus menerima tantangan, dan tentunya taat kepada kode etika pers yang diatur dalam undang-undang pers masing – masing negara”.

 


Reporter: Herry Metak


Komentar