Beranda Rohani Hewan Pun Layak Diberkati

Hewan Pun Layak Diberkati

417
0
Foto bareng usai Per Blessing

Jakarta, Flobamora-news.com – Suasana pagi itu begitu berbeda. Puluhan hewan peliharaan dikumpulkan dalam suatu ibadat. Ibadat yang khusus bagi mereka tentunya. “Pet Blessing” namanya.

Acara pemberkatan yang diinisiasi Komunitas Peduli Lingkungan Hidup (Koplink) ini berlangsung di Tugu Kunstkring Paleis Jakarta (19/10). Pemberkatan ini diawali dengan ibadat yang dipimpin Romo Yohanes Subagyo.

Kadang-kadang ada anjing yang berbuat gaduh di sela-sela ibadat. Anjing itu sibuk menyalaki anjing atau hewan lain. Tetapi ada anjing yang tetap tenang selama ibadat berlangsung dan seperti memilih untuk tidak terpancing.

Ibadat ini mengingatkan pada Santo Fransiskus dari Asisi yang menyapa semua ciptaan Tuhan sebagai saudara.

“Kita diundang untuk bersaudara dengan hewan yang kita pelihara dan perhatikan. Jika kita memmbangun relasi yang baik dan penuh cinta maka kita yakin Tuhan berkenan dan melihat semuanya sungguh baik,” kata Romo Yohanes Subagyo.

Santo Fransiskus dari Asisi adalah orang kudus dalam Gereja Katolik yang sangat dikenal bersahabat dengan alam dan segala ciptaan. Di bulan Oktober ada hari khusus untuk satwa, Hari Satwa Sedunia, yang ditetapkan pada hari peringatan orang kudus itu.

Selesai khotbah, Romo Yohanes Subagyo lalu mempersiapkan diri untuk pemberkatan. Dia berdoa dan membuat tanda salib di atas bejana berisi air yang akan dipakai untuk memberkati. Kemudian dia mulai memberkati hewan-hewan. Mereka yang hadir membawa hewan peliharaannya lalu berbaris. Satu per satu diciprati air berkat oleh Romo Yohanes Subagyo. Para penyayang binatang sangat bersemangat dan raut mukanya memancarkan kebahagiaan ketika mengikuti peribadatan itu.

Pendiri Koplink, Irene Lee, berharap kegiatan ini dapat menularkan kepedulian kepada lingkungan hidup dan segala makhluk ciptaan. Selain ibadat pemberkatan hewan, warga yang aktif di Paroki Santa Theresia Menteng Jakarta ini menuturkan bahwa Koplink juga menaruh perhatian dengan isu-isu lain terkait lingkungan.

Salah seorang peserta “Pet Blessing”, yang saat itu membawa anjingnya menuturkan bahwa dia sudah beberapa kali membawa anjingnya untuk mengikuti ibadat pemberkatan hewan. Alasannya, anjing baginya “seperti juga keluarga sehingga perlu memperoleh berkat seperti halnya kita.”


Reporter: Ignatius Dwiana


Komentar