HMP Teknik Elektro UNDANA Kupang Gelar Study Ekskursi Tahun 2021


  • Bagikan

KUPANG, Flobamora-news.com – HMP Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana (UNDANA) mengadakan study ekskursi bagi mahasiswa Teknik Elektro khususnya angkatan 2018 dan 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) tepatnya di Dusun Panaf Desa Lifuleo Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur pada (14 – 15/6/ 2021).

Mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2018 yang mengikuti kegiatan berjumlah 28 orang dan angkatan 2019 berjumlah 12 orang, beserta dosen pembimbing berjumlah Empat orang. Mereka dengan semangat mengikuti kegiatan study ini, tapi kami jalankan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Untuk pembangkit disini menggunakan sistem Fuel dan Gas. Tetapi untuk saat ini yang digunakan adalah Fuel (bahan bakar), yaitu minyak. Terdapat banyak wilayah kerja yang ada di PLTMG, seperti Engine Hole, LV (low voltage) room, compressor room, automatic air filter, CEMS (Continuous Emission Monitoring System), Fuel Treatment Shelter, area daily tank, water treatment, Fire hydrant equipment atau fire Pump, dan control room.

Swipe up untuk membaca artikel
Baca Juga :   Religius Usfunan: STKIP Nusa Timor Lembaga Sah Tercatat di LLDIKTI, STKIP Timor Indonesia Tidak

Total beban yang diberikan PLTMG itu tergantung dari kebutuhan. ketika siang itu 2 Engine yang mana tiap-tiap Engine itu bisa 5 Mega Watt atau bahkan 9 Mega Watt, lalu pada malam hari biasanya menggunakan 3 Engine, tiap Engine nya itu bisa mencapai 9 Mega Watt bahkan lebih. Untuk total keseluruhan Engine bisa mencapai -+ 30 Mega. Tapi untuk PLTMG Kupang sendiri biasanya 23 Mega Watt.

Saat di wawancarai, kepala Prodi Teknik Elektro, Don E.D.G Pollo, ST, MT mengatakan kegiatan Study Ekskursi salah satu bentuk kegiatan perkuliahan dengan langsung menuju ke lokasi-lokasi dengan mereka belajar langsung di lapangan, kegiatan ini berkelanjutan terutama bagi mahasiswa teknik elektro Undana untuk bisa dilanjutkan dengan praktek dan bahkan study skripsi, dan diharapkan kerjasama ini bisa membantu mahasiswa untuk mempercepat study di Undana.

Manager PLTMG, Tunggul Pharwoto juga mengatakan, dengan melakukan studi ekskursi ini adik-adik mahasiswa dari Teknik Elektro jadi mengenal lebih dekat, lebih mengenal operasi terhadap pembangkit listrik yang ada disini dengan begitu adik-adik mahasiswa dapat nanti istilahnya mengambil alih pemeliharaan, pengoperasian, ya mengurusi pembangkit ini menjadi pembangkit yang bagus dan pembangkit modern.
Ada beberapa tanggapan dari mahasiswa saat di wawancarai :

  • Bagikan