Beranda Ekonomi Bisnis Isak Eduward Rihi: Bank NTT Siap Cairkan Pinjaman Daerah

Isak Eduward Rihi: Bank NTT Siap Cairkan Pinjaman Daerah

410
0

KUPANG, Flobamora-news.com — Sebagai Bank Daerah Bank NTT telah berkomitmen siap membantu Pemerintah Daerah dalam menunjang program penanganan infrastruktur di Daerah.

Salah satu bentuk dukungan Bank NTT adalah siap memberikan pinjaman kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di NTT melalui pinjaman Daerah yang sedang diproses.

“Pada prinsipnya Bank NTT siap untuk mendukung pembangunan di daerah ini melalui pencairan dana Pinjaman Daerah”. Ujar Direktur Utama Bank NTT Isak Eduward Rihi saat dihubungi media ini pada Rabu, (15/01/2020).

Isak mengatakan, proses pinjaman daerah ini dilakukan melalui dua opsi dan Bank NTT selaku pemberi pinjaman telah berkoordinasi dengan perbankan lain untuk mendukung kelancaran pencairan pinjaman kepada Pemda NTT.

“Prinsipnya bisa, ada dua opsi, Pertama melalui Sindikasi dengan bank lain dan kini sudah dalam proses karena menyangkut batas maksimum pemberian kredit (BMPK) dan opsi kedua adalah Bank NTT dengan dukungan penuh Bapak Gubernur NTT juga sedang memperjuangan jaminan Pemerintah pusat. Dengan jaminan ini BMPK bisa dikecualikan.” ungkapnya.

Dikatakan, pinjaman Daerah yang tengah diproses ini merupakan inisiatif dari Bank NTT melalui penawaran pinjaman, sehingga sebagai Bank yang pro pembangunan selalu siap untuk membantu Pemerintah Daerah.

“Pinjaman Daerah ini kan inisiatif Bank NTT melalui penawaran pinjaman Daerah tersebut ke Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka mendukung percepatan pembangunan dan meningkatkan kontribusi Bank NTT terhadap pembangunan Daerah dan Hal ini menjadi salah satu bagian dari transformasi bank NTT.” Katanya.

Karena itu kata dia, sebagai bank milik pemerintah daerah, Bank NTT tentu siap untuk membantu pembangunan di Daerah ini. Terkait pembayaran bunga dan pokok menurut Isak Rihi, telah diatur dalam Penetapan APBD I tahun 2020, sehingga tidak ada masalah soal pembayaran bunga dan pokok ke Bank NTT.

“Pembayaran pokok dan bunga sudah ada di APBD yang disetujui jadi pinjamannya aman tidak ada masalah”.tutup Isak.

Sebelumnya Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT Drs.Zakarias Moruk,.MM mengaku, saat ini Pemerintah Provinsi tengah menyiapkan administrasi keuangan untuk diajukan ke bank NTT agar mencairkan dana Pinjaman tahap satu sebesar Rp 450 Miliar. Sumber : Obor-Nusantara.com/User


Reporter: Ricky Anyan


Komentar