Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Opini  

Jakarta Lumpuh Akibat Listrik Padam Total: Negara dan Pemda Gagal Dalam Proses Operasional Pelayanan…!!! Apa Solusinya…???

Avatar photo
IMG 20190305 WA0002

JAKARTA, Flobamora-news.com –Jakarta, 4 Agustus 2019, terbilang lumpuh akibat pemadaman listrik akibat pemadaman yang terjadi oleh karena Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off), selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip (Sumber: PLN dan beberapa sumber lainnya).
Dampak kelumpuhan ini terjadi secara masif yang melumpuhkan sejumlah proses Operasional Sistem Bangunan Gedung, MRT, Infrastruktur dan sejumlah fasilitas publik.

Melalui berbagai perangkat media elektronik, permohonan maaf disampaikan oleh pihak PLN untuk hal ini. Namun apakah hal ini cukup?
Dalam pemikiran kritis, hal ini mencerminkan Atmosfir Kegagalan yang sistemik yang seharusnya diantisipasi Negara dan Pemerintah Daerah. Seluruh elemen terlihat tidak siap mengantisipasi risiko padamnya arus listrik ini. Terlebih Sistem Energi MRT terbilang gagal yang seharusnya siap lebih dulu. Bagaimana proyek sebesar ini (MRT) tidak ada back up energi yang valid agar pelayanan tidak terhenti? Selain itu, diteliti juga beberapa bangunan gedung publik di Jakarta tidak siap mengantisipasi padamnya listrik, bahkan ada genset yang gagal beroperasi karena tidak dirawat secara berkala.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam hal ini PLN seharusnya tidak hanya minta maaf, sementara saat listrik mati, layanan dan bisnis terhenti. Apa sikap Pemerintah Daerah secara khusus Jakarta?

Baca Juga :  Dilematika Seleksi Perangkat Desa Serentak Kabupaten TTS