Ketum KAMIJO: Alhamdulillah NTB Saat Ini Punya Perda Pengelolaan Hutan

  • Bagikan

MATARAM, Flobamora-news.com –Provinsi Nusa Tenggara Barat saat ini telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) No 14 Tahun 2019. Perda ini mengatur tentang tata cara pengelolaan hutan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Kader Militan Jokowi Gumilar Abdul Latif melalui melalui whats App pada, Minggu (21/1/2020).

Swipe up untuk membaca artikel

Menurut Gumilar Perda ini sangat penting karena masyarakat dapat memahami tata cara Pengelolaan Hutan yang benar”, kata Gumilar.

Apa yang penting dari PERDA ini..?

1. Pengaturan sistem kelembagaan KPH yang mengakomodasi kebutuhan teknis ditingkat tapak (Pengharagaan terhadap keberadaan Resort, adanya kepastian Rasio SdM pengelola hutan dan terbukanya peluang kemandirian pengelolaan KPH adalah beberapa aspek yang diatur komponen kelembagaan dalam PERDA ini.

2. Dalam konteks perencanaan Kawasan, adanya mandat yang tegas terkait sinegitas perencanaan antara KPH, DINAS TEKNIS, PEMDA, dan Kementerian menjadi salah satu hal yang penting untuk meminimalisir terjadinya GAP Informasi pada masing masing level institusi pengelolaan hutan di tingkat tapak.

Baca Juga :   Ketum Gumilar Abdul Latif Apresiasi KAMIJO Lombok Tengah

3. Dalam konteks pemanfaatan kawasan, PERDA ini mengatur terkait luaran hasil hutan (HHBK,HHK dan JASA LINGKUNGAN) serta sistem perizinan yang menjadi keweanangan provinsi dengan harapan dapat di optimalkan dan memberikan benefit cukup signfikan dalam meningkatkan pendapatan dari sektor kehutanan.

  • Bagikan