Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Rohani  

Keuskupan Agung Kupang Adakan Pelatihan Pembuatan Renungan Suci

Avatar photo
IMG 20190822 WA0123
KUPANG, Flobamora-news.com –Keuskupan Agung Kupang mengadakan pelatihan membuat renungan biblis bagi umat Katolik yang dilaksanakan di rumah bapak Niko Dawi di Tuak Daun Merah-Kupang.Hal ini Sesuai program kerja tahun 2019, Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang, Rabu (21/8/2019).

Peserta kali ini didominasi oleh para biarawati, yakni dari Konggregasi RCM (Suster Conceptionist), Konggregasi MSC (Suster Lambung Kudus), Konggregasi DSY (Suster Dina Santo Yosef).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh ibu Regina Djami, seorang relawan komisi Kitab Suci yang bersedia rumahnya dipakai sebagai tempat kegiatan.

Baca Juga :  To Following Lord is Difficult

RD Sipri Senda selaku ketua komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Kupang memaparkan beberapa pengetahuan dasar tentang Alkitab Deuterokanonika.

Seiring dengan banyaknya permintaan ibadat dari umat untuk pelbagai syukuran serta ketersediaan pelayanan ibadat dari kaum tertahbis yang kurang akibat berbagai kesibukan, kegiatan pelatihan membuat refleksi biblis bagi umat ini sangat membantu. Umat dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam membuat sebuah renungan Kitab Suci secara sederhana dan siap menjadi pemimpin ibadat jika diperlukan.

Disamping itu juga RD Sipri Senda menjelaskan langkah-langkah membuat renungan biblis secara sederhana bagi umat. Ia secara mendetail menjabarkan langkah-langkah tersebut dari doa, membaca teks Kitab Suci, penggalian teks dengan menggunakan metode 5W 1H hingga menemukan pesan teologis baik nilai spiritual maupun nilai moralnya.

Baca Juga :  Polres Tabes Medan Qurban 27 Sapi dan 10 Kambing

RD Sipri Senda juga memberikan penjelasan tentang skema kecil sebuah renungan biblis yang terdiri dari lima unsur, yakni pengantar, penjelasan tema ibadat syukur, ulasan/uraian teks, aktualisasi pesan teks dan penutup.