Beranda Hukum & Kriminal Konsultan Pengawas Proyek NTT Fair Divonis 4,6 Tahun Penjara

Konsultan Pengawas Proyek NTT Fair Divonis 4,6 Tahun Penjara

367
0

)Foto : Ferry Jons Pandie saat menyalami JPU Kejati NTT, Hendrik Tip, SH

KUPANG, Flobamora-news.com -Sidang lanjutan perkara korupsi NTT Fair kemabali digelar. Sidang kali ini mendengar putusan terhadap Konsultan Pengawas proyek NTT Fair, Ferry Jons Pandie. Ia divonis 4,6 tahun penjara dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Kupang, pada, Selasa (28/1/2020).

Selain divonis 4,6 tahun penjara, terdakwa juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan. Sementara barang bukti uang sejumlah Rp 449.380.000 sebagai kelebihan akan dikembalikan kepada terdakwa.

Vonis ini jauh lebih berat dari tuntutan JPU Kejati NTT yang sebelumnya menuntut terdakwa 1,6 tahun penjara.

Menurut majelis hakim, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan korupsi dan merugikan keuangan negara.

Dalam pertimbangan, majelis hakim menyebut, Ferry dalam perkara tersebut telah memperkaya diri dan saksi lain yang terdiri dari Barter Yusuf sebesar Rp 72 juta, Yulia Afra sebesar Rp 75 juta, Dona Fabiola Tho sebesar Rp 140 juta dan untuk CV Dana Konsultan sebesar Rp 201 juta.

“Unsur melakukan perbuatan memperkaya diri dan orang lain terpenuhi serta merugikan keuangan negara terpenuhi. Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak korupsi sebagaimana dakwaan primair,” ujar majelis hakim.

Usai divonis, terdakwa ketika ditanya majelis hakim menyatakan siap dan menerima semua putusan tersebut.

Sidang itu dipimpin ketua majelis hakim, Ikrarniekha Elmayawati Fau, SH., MH, didampingi hakim anggota Prasetio Utomo, SH dan Ali Muhtarom, SH. MH. Hadir pula JPU Kejati NTT, Hendrik Tip, SH. Sementara terdakwa didampingi oleh Kuasa hukum Dedy Jahapay SH dan Mario K. Mega SH., M.Hum.


Reporter: Dian T


Komentar