Beranda Hukum & Kriminal Konvoi yang Dipimpin Willy Lay di Halilulik Tanpa Ijin dari Pihak Kepolisian

Konvoi yang Dipimpin Willy Lay di Halilulik Tanpa Ijin dari Pihak Kepolisian

823
0

Belu, Flobamora-news.com – Konvoi yang dipimpin Willy Lay di Halilulk yang berujung bentrok pada Sabtu, (17/10/2020) kemarin tanpa kantongi ijin dari pihak kepolisian.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh yang ditemui awak media pada, Senin (19/10/2020) usai mengikuti Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Kabupaten Belu di Kantor Bupati Belu.

Kapolres Belu mengngkapkan bahwa Konvoi yang paket Sahabat yang dipimpin oleh Calon Bupati Belu, Willybrodus Lay sama sekali tidak memiliki ijin. Dikatakan bahwa Konvoi dalam Pilkada di masa Pandemi Covid-19 ini sudah tidak diperbolehkan lagi. Dirinya juga mengungkapkan bahwa sudah sejak awal dirinya bertugas di Kabupaten Belu, dirinya sudah mengingatkan para kandidat untuk tidak melakukan konvoi.

“Tidak ada, konvoikan sudah ndak boleh. Kan kita sudah ingatkan. Untuk konvoi-konvoi selama kampanye ini sudah ndak boleh. Kita sudah ingatkan dari awal,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa sesuai dengan mekanisme, Polres Belu tidak dapat langsung bertindak untuk membbarkan konvoi yang dipimpin Willy Lay. Pihak Polres Belu tetap menunggu perintah dari Bawaslu Belu.

“Mekanismenya itu bawaslu yang menegur. Kalau tidak diindahkan baru kita bubarkan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Calon Incamben Bupati Belu, Willy Lay memimpin konvoi motor bersama tim suksesnya di Halilulik pada Sabtu (17/10/2020). Konvoi tanpa menggunakan helm yang dilakukan berujung pada ketersinggungan masyarakat setempat dengan rombongan konvoi.

Sebelumnya, Pasangan Calon Incamben Belu Willy Lay- JT. Ose Luan pun sudah mendapat teguran dari Mendagri aibat ulah yang sama saat mendaftarkan diri ke KPU Belu pada tanggal 6 September lalu. Akan tetapi, teguran Mendagri Tito Karnavian itu dianggap seperti angin lalu yang tak penting untuk dipatuhi.

Karena itu, Kapolres Belu menghimbau kepada para calon untuk tetap mematuhi protokol Covid-19 dan juga PKPU No 13 Tahun 2020. Jika kedepan masih ada konvoi yang dilakukan para calon dan juga tim sukses, maka Pihak Polres Belu bersama Bawaslu akan Membubarkan konvoi itu.

“Kepada para calon dan tim sukses agar harus memperhatikan protokol kesehatan dan juga PKPU nomor 13 Tahun 2020. Tidak ada konvoi-konvoi. Kalau ada kita bubarkan bersama bawaslu,” tegasnya.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar