Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

“Kujawas “ (Jambu Biji) Makanan Pinggiran Yang Kaya Manfaat

Avatar photo
20180616 140717 640x360 1

KEFAMENANU, Flobamora-news.com – Kujawas begitulah panggilan masyarakat Kefa di Kabupaten Timor Tengah Utara terhadap buah yang kaya manfaaat ini. Dapat ditemui dipinggiran jalan desa di Kecamatan Insana dan Noemuti.
Dijual sangat murah, per 1 (satu) tatakan piring hanya 5 (lima) ribu rupiah saja, Namun kita bisa dapatkan berbagai manfaat kesehatan yang terkandung di dalam kujawas Atau jambu biji.

Seperti keterangan dari Mina Loin pedagang Kujawas /jambu biji dari Desa Subun Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara. Kujawas/jambu biji tumbuh liar dan subur di hutan dan tanpa perawatan. Kujawas/jambu biji berbuah setiap periode Januari – Juni.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

20180618 075841 480x771

Dikutip dari manfaat.co.id berikut manfaat kujawas atau jambu biji:
Manfaat kujawas /jambu biji yang paling utama adalah dari kandungan vitamin C nya. Kujawas /Jambu biji merupakan buah yang umum dijumpai di wilayah Asia. Berbentuk bulat dengan daging buah berwarna putih atau merah dan terdapat banyak biji-biji kecil didalam daging buahnya. Banyak nutrisi baik terkandung dalam jambu biji. Vitamin C yang terkandung pada sebuah kujawas /jambu biji seberat 275 g , dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dua orang anak pada usia 13-20 tahun.

Baca Juga :  Rencana Putus Kontrak Semua Karyawan, Direktur RS Sumber Kasih Sejati Diadukan ke Nakertrans

Tak heran jika kujawas/jambu biji disebut “buah super.” Dibandingkan dengan jumlah yang sama pada buah nanas, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lebih besar.

Tak heran Jika kujawas / jambu biji disebut “buah super.” Dibandingkan dengan jumlah yang sama pada buah nanas, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lebih besar.

20180618 075718 428x292

Berikut ini kandungan di dalam sebuah kujawas atau jambu biji :

Baca Juga :  Rahasia Di Balik Rata-Rata Ukuran Payudara Wanita: Fakta Dan Mitos Terungkap!

• vitamin A (21% dari nilai harian), yang penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit