Beranda Kesehatan & Pola Hidup Lapangan Umum di Kompleks Kecamatan Rinhat Dijadikan TPS

Lapangan Umum di Kompleks Kecamatan Rinhat Dijadikan TPS

570
0

MALAKA, Flobomora-news.com – Lapangan umun kompleks Kecamatan Rinhat dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkugan. Lapangan umum yang bisanya dijadikan sebagai ajang untuk mengembangkan potensi kaum muda dalam bidang olahraga kini dijadikan sebagai TPS oleh masyarakat. Kami pemuda, pelajar dan mahasiswa sangat prihatin melihat kondisi lapangan saat ini.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Umum Imala Marianus Sae kepada Flobamora-news.com di Biudukfoho Kecamatan Rinhat Kabupaten Malaka NTT pada, Kamis (02/01/2020).

Menurut Marianus, sebagai mahasiswa dan pelajar kami sangat prihatin terhadap kondisi lapangan Kecamatan Rinhat yang penuh dengan sampah. Akibatnya masyarakat di sekitar sangat terganggu. Oleh karena itu, kami yang tergabung dalam kelompok pemuda, pelajar dan mahasiswa berkomitmen untuk melakukan perang melawan sampah.

“Tumpukkan sampah ini karena ulah warga yang membuang sampah sembarangan. Apalagi saat inikan musim hujan, dampaknya sangat berbahaya karena menimbulkan bau tidak sedap dan dapat menimbulkan wabah penyakit malaria. Saya dan teman-teman sangat prihatin terhadap kondisi lapangan saat ini”, kata Marianus.

“Selain itu kita juga mengaharapkan kepada Pemerintah dalam hal ini Dinas Kebersihan, kalau sudah lihat sampah tolonglah diangkut. Kesdaran masyarakat dalam membuang sampah sangat perlu, mereka harus bisa menjaga dan memelihara lingkungan sekitar karena lapangan ini bukan Tempat Pembuangan Sampah apalagi berkaitan dengan tempat-tempat umum”, jelas Marianus.

Sementara itu mantan Ketua Umum Sirilius Klau menegaskan, bahwa sampah sangat mengganggu kenyamanan hidup masyarakat sekitar, dan tugas pemuda harus mampu membangun pemahaman masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan hidup.

“Sampah sangat mengganggu kenyamanan hidup masyarakat sekitar, dan kegiatan yang dilakukan ini, ingin menyadarkan masyarakat Rinhat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terlebih berkaitan dengan dengan sarana-sarana publik”, pungkas Sirilius.

Ditambahkannya, saya bersama rekan-rekan yang tergabung dalam kelompok pemuda dan pelajar Rinhat mendesak pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Kebersihan untuk berperan aktif dalam menangani masalah sampah di Kabupaten Malaka.

“Kami minta pemerintah agar serius menangani masalah sampah yang sangat marak di Kecamatan ini”, tegasnya.

“Oleh karena itu marilah kita budayakan buang sampah pada tempatnya sehingga menciptakan kecamatan Rinhat yang bebas sampah”, tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, Camat RinHat belum berhasil dikonfirmasi.

 


Reporter: Herry Metak


Komentar