Beranda Lintas NTT Lemtari Hadir Untuk Lestarikan Adat Malaka

Lemtari Hadir Untuk Lestarikan Adat Malaka

815
0

Malaka, Flobamora-news.com – Lembaga Tinggi Masyarakat Adat Republik Indonesia (Lemtari) hadir di Kabupaten Malaka untuk melestarikan adat di daerah perbatasan RI-RDTL itu. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Lemtari Kabupaten Malaka, Elias Yos Moruk saat kepada media ini pada Jumat (26/7/2019).

Dikatakan bahwa Lemtari sebagai wadah berkumpulnya masyarakat adat wajib hukumnya untuk melestarikan adat istiadat yang di mana Lemtari berada.

“Inilah lembaga adat sebagai wadah untuk kita berkumpul melestarikan adat-istiadat yang ada di Kabupaten Malaka,” ujar pria yang akrab disapa Yos itu.

Akan tetapi, keberadaan Lemtari di Kabupaten Malaka ini belum memiliki pengurus yang lengkap di 12 Kecamatan dan 127 Desa yang ada di sana. Pasalnya baru ada 3 Pengurus di kecamatan dan 15 pengurus ranting di 15 desa.

Selain itu, keberadaan organisasi dengan visi mulia ini baru mendapat rekomendasi dari satu kecamatan. Karena itu, mereka masih berusaha untuk bisa mendapatkan rekomendasi baik dari pemerintah desa maupun dari pemerintah daerah.

“Kami baru mendapat rekomendasi dari satu kecamatan yaitu Kobalima. Kami masih menunggu rekomendasi dari pihak pemerintah daerah. Namun, sembari menunggu, yang terpenting adalah eksistensi kami untuk melestarikan budaya masyarakat adat Malaka. Itu yang paling penting,” tutur ketua yang berkantor di RT 06,RW 03 Desa Litamali, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka itu.

Yos juga berharap agar Pemda Malaka dapat memberikan rekomendasi kepada Lemtari sebagai salah satu lembaga adat yang ada di Kabupaten Malaka.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar