Beranda Hukum & Kriminal Mantan Kades Kereana: Saya Sudah Mengundurkan Diri Tahun 2018, Kok Saya Yang...

Mantan Kades Kereana: Saya Sudah Mengundurkan Diri Tahun 2018, Kok Saya Yang Bertanggung Jawab, Inpektorat Yang Benar Saja

157
0

Foto: Mantan Kepala Desa Kereana Yakobus Ulu Ote

MALAKA, Flobamora-news.com – Mantan Penjabat Desa Yakobus Ulu Ose minta Inspektorat Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, meninjau kembali penetapan nama penyelewengan Dana Desa Kereana tahun 2019.

Pasalnya, penetapan nama penyelewengan penggunaan Dana Desa Kereana tersebut diduga keliru sebab, dirinya tidak lagi menjabat pada tahun 2018-2019 sesuai hasil temuan inspektorat Malaka yang telah direkomendasikan ke Kejaksaan Negeri Atambua tersebut.

“Saya merasa tetpukul dan kaget karena waktu itu sudah mengundurkan dari Penjabat Desa pada tanggal 13 Agustus 2018 yang lalu. Saya maju sebagai calon legislatif di 2019 lalu. Jadi terkait pencairan dana Desa waktu itu saya hanya mencairkan dana untuk tunjangan perangkat dua bulan saja. Kok saya yang harus menggung beban dari hadil audit Inspektorat tahun 2018-2019,” jelas Mantan Pejabat Desa Kereana, saat ditemui awak media Flobamora-news.com pada, Kamis (27/5/2021).

“Bernadus yang menjabat sebagai penjabat Kepala Desa tahun 2018-2019. Seharusnya dia yang menjadi penanggung jawab dari semua kerugian negara itu”, tandas Yakobus.

Ditambahkannya bahwa Bernadus Bria Berek sebagai penjabat Kepala Desa dan ia juga yang mengelola item pembangunan di Desa Kereana tersebut. Jadi Penjabat Kepala dasa itu yang mempertanggungjawabkan semua kerugian uang Negara itu.

“Saya mengajukan permohonan pengunduran diri jabatan kepala desa kepada Bupati Malaka pada tanggal 13 Agustus 2018 karena kepentingan calon DPRD. Ada SK pengunduran dari Kades Kereana” ungkapnya.

Dijelaskannya, Waktu ia mengundurkan diri dari Kepala Desa, ia tidak terlibat lagi dengan urusan pemerintahan desa Kereana.

“Saya lebih kaget lagi tahun 2019 bukannya nama pejabat desa yang menjadi penanggung jawab. Malaka saya yang pertanggungjawakan. Inspektorat yang benar saja”, ujarnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi Bernadus Bria Seran selaku penjabat di tahun 2018-2019 menyampaikan, Nanti, Nanti, nanti baru telepon saya masih di atas motor.

Kepala Inspektur, Remigius Leki saat dikonfirmasi Timorberita.com Jumat (28/05/2021) tidak ingin menjelaskan kepada media.

“Iya itu di LHP ada pernyaatan semua.nanti sampai di kejaksaan baru kita urus semua”, pungkas Remigius.



    Reporter: Herry


    Komentar