Beranda Lintas NTT Masyarakat Perbatasan RI-RDTL Latih Anggota Satgas Cara Kupas Kulit Kemiri Dengan Alat...

Masyarakat Perbatasan RI-RDTL Latih Anggota Satgas Cara Kupas Kulit Kemiri Dengan Alat Tradisional

393
0

Belu, Flobamora-news.com – Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat di Perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH terus berupaya membantu masyarakat kecil di wilayah perbatasan. Salah satunya adalah anjangsana dan membantu masyarakat mengupas kulit kemiri.

Anggota TNI Satgas Pamtas RI RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Lakmaras Kopda Fatkhur dan Prada Imran belajar mengupas kulit kemiri dengan menggunakan alat tradisional di Rumah Mama Sonia yang berada di Dusun Lakmarastas, Desa Lakmaras, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-RDTL. Tujuannya agar bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan.

Bermodal Alat sederhana tulang daun pinang dan Batu, Mama Sonia (45), mengajari anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH cara membuka kemiri. Daun pinang yang dilipat sebagai penjepit buah kemiri yang kemudian dipukulkan ke batu sehingga buah kemiri terbelah dan terpisah dari cangkang kulitnya.

Cara sederhana yang digunakan dengan bahan yang mudah didapat di wilayah setempat dan hasilnya kemiri yang di dapat sangat berkualitas.

Mama Sonia sangat berterima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh yang telah berkunjung ke rumah serta membantu mengupas kemiri dan memilih kemiri yang berkualitas untuk dipasarkan.

Lettu Inf. Doni Hidayat Selaku Danpos Lakmaras menyampaikan bahwa selain menjaga keamanan dan kedaulatan negara kesatuan di perbatasan RI RDTL anggota TNI Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh juga melaksanakan kegiatan Teritorial salah satunya ajangsana dan membantu kegiatan masyarakat di situlah kemanunggalan TNI dengan masyarakat dapat terwujudkan.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar