Beranda Internasional Melanie Subono Gandeng THS-THM Berbagi Kasih Bagi Masyarakat di Perbatasan RI-RDT

Melanie Subono Gandeng THS-THM Berbagi Kasih Bagi Masyarakat di Perbatasan RI-RDT

676
0

Belu, Flobamora-news.com – Pandemi virus Corona (Covid-19) melanda banyak wilayah di Tanah Air. Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sulit untuk ditampik, kondisi tersebut berdampak terhadap masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang kehilangan penghasilan.

Pandemi Corona juga menuntut setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Karena itu, Melanie Subono melalui Yayasan Rumah Harapan bersama Organisasi Pencak Silat Pendidikan Tunggal Hati Seminari-Tunggal Hati Maria (THS-THM) Distrik Keuskupan Atambua tergerak untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 yang berada di Kabupaten Belu, Perbatasan RI-RDTL.

Elias Martins Dias selaku Koordinator THS-THM Wilayah Belu Utara menjelaskan bahwa bantuan diberikan berdasarkan hasil survei ke beberapa lokasi di daerah Perbatasan RI-RDTL yang dilakukan oleh para Anggota THS-THM.

Dari hasil survei tersebut, didapatkan 64 Keluarga miskin. 64 Keluarga miskin itu berada di enam wilayah paroki dan satu wilayah bakal paroki yaitu, Paroki Katedral Atambua, Tukuneno, Nela, Haliwen, Atapupu, dan Bakal Paroki Kuneru.

“Data yang masuk dari anggota kami sebanyak 64 keluarga miskin. Setelah melakukan koordinasi, Yayasan Rumah Harapan langsung memberikan donasi berupa uang untuk kita belikan sembako dan dibagikan kepada masyarakat yang sudah didata,” ujar Pria yang akrab disapa Elias itu.

Dikatakan bahwa bantuan itu disalurkan mulai dari tanggal 19-21 Mei 2020. Para tim yang turun memberikan bantuan mengalami beberapa kendala, salah satunya adalah lokasi yang begitu luas dan jarak yang berjauhan. Akan tetapi, masalah itu bukanlah sebuah kendala besar dalam menjalankan misi kasih.

“Memang lokasi pemberian bantuan sangat luas dan jaraknya pun sangat berjauhan. Akan tetapi, itu bukanlah menjadi sebuah kendala bagi kami untuk bisa berbagi kasih dari kekurangan yang kami miliki,” ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa selain sembako, Yayasan Rumah Harapan juga menyumbangkan 1000 masker yang diberikan kepada 64 Keluarga miskin dan empat Wilayah Dekenat yang berada di Keuskupan Atambua. Masker-masker itu disalurkan melalui para koordinator THS-THM yang berada di empat wilayah di Keuskupan Atambua.

Banyak masyarakat yang mengucapkan terima kasih kepada Melanie Subono bersama THS-THM yang sudah memberikan bantuan kepada mereka. Walau tak banyak, namun sangat membantu mereka, terlebih dalam masa pandemi ini.

Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang sudah diberikan ini. Semoga amal baik ini bisa dibalas oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Filomena Suares, salah seorang Warga Haliwen.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar