Menteri PPN : Mari Kita Bangkit dan Sambut Tahun 2021 Dengan Penuh Optimis


  • Bagikan

JAKARTA, FLOBAMORA-NEWS.COM – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menjadi pembicara dalam webinar Outlook Pembangunan 2021 yang mengangkat tema Belajar dari 2020, Bangkit Menuju 2021 pada, Selasa (22/12/2020) di Jakarta.

Menteri Suharso mengungkapkan bahwa di tahun 2020 perekonomian dunia tergoncang mengalami kemunduran karena pandemi virus Covid-19 yang terjadi di hampir belahan dunia. Pertumbuhan ekonomi negara-negara maju bahkan tumbuh minus belasan persen. Sedangkan skenario ekonomi yang dibangun oleh berbagai negara mengalami koreksi yang fundamental.

Swipe up untuk membaca artikel

“Sektor-sektor ekonomi terganggu produksinya. Jalur transportasi mengalami perubahan akibat kebijakan lockdown (karantina-red.) yang berbeda antara negara, termasuk di Indonesia. Demikian juga, aspek sosial terkena dampak yang luar biasa, baik di sektor kesehatan, pendidikan, tata pemerintahan, hubungan kota – desa, maupun jaminan sosial,” ujar Menteri PPN.

Menteri PPN juga menjelaskan kepada peserta webinar beberapa catatan-catatan penting terkait pertumbuhan ekonomi di Indonesia maupun global antara lain:

Baca Juga :   Dua WNI Positif Terjangkit, Presiden Tegaskan Keseriusan Pemerintah Tangani Wabah Korona

(1). Goncangan ekonomi dunia, termasuk di Indonesia sebagai akibat pandemi Covid-19,.

(2). Pandemi Covid-19 telah mendorong berbagai negara, termasuk Indonesia untuk melakukan adaptasi dan perubahan yang cepat.

(3). Pandemi Covid-19 juga merupakan momentum untuk koreksi atas kebijakan pemerintah di berbagai aspek, dan perlunya arah baru sebagai fondasi ke depan.

“Pandemi Covid-19 telah mendorong terjadinya ‘evolusi yang dipercepat’ pada pilar transformasi digital. Pertemuan virtual dengan beragam platform muncul di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Kita hidup di sebuah ‘new reality’, yang ditandai sebagai ‘less contact economy’, atau ‘less contact society’. Hal ini sebagai kenyataan baru yang kita hadapi dan akan terapkan ke depan,” kata Suharso Monoarfa.

Menteri Suharso mengajak semua pihak untuk mau membaca perubahan lingkungan strategis yang dinamis serta menghadapi tantangan global di tahun 2021 mendatang. Sebab di tahun 2021 esok merupakan tahun pemulihan ekonomi dan reformasi sosial, dengan semangat baru, paradigma baru, cara baru, kita mampu memulihkan kondisi sosial-ekonomi, dan bangkit untuk melangkah dan berlari, serta kita harus bekerja extra-ordinary, tidak konvensional dan tidak birokratis.

  • Bagikan