Beranda Rohani Mintalah Kepada Tuan yang Empunya Tuaian Supaya Ia Mengirim Para Pekerja

Mintalah Kepada Tuan yang Empunya Tuaian Supaya Ia Mengirim Para Pekerja

570
0

Kejadian, 32:22-31
Matius, 9:32-3

BELU, Flobamora-news.com –Menjaring pekerja di kebun anggur Tuhan di zaman sekarang tidaklah mudah. Butuh komunikasi dan pendekatan tertentu. Perkembangan IPTEK telah membawa orang lebih memilih hidup “di luar biara” daripada hidup “di dalam biara” yang sering dipandang orang terikat dengan aturan. Padahal aturan sifatnya bukan “menekan dan mengikat”, tapi mengarahkan orang untuk hidup teratur, terarah, bebas, dan lebih fokus untuk realitas yang lebih besar yaitu Allah sendiri.

Bacaan injil hari ini menggugah kita untuk melihat bagaimana pentingnya sebuah doa meminta Tuhan memberi dan menetapkan para pelayan khusus untuk Altar Tuhan. Tuhan sendiri bersabda: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu, mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirim pekerja-pekerja untuk tuaian”.

Berbicara soal para pekerja, banyak umat menuntut supaya dilayani oleh pelayan khusus seperti imam/pastor, tetapi umat sendiri tidak pernah melayangkan doa dan tidak rela sumbangkan anaknya untuk panggilan hidup khusus ini.

Akhir-akhir ini benih panggilan untuk menjadi pelayan khusus Tuhan mulai berkurang terutama di daratan Eropa. Berbeda dengan Asia yang masih subur dengan panggilan khusus untuk bekerja di kebun anggur Tuhan.

Kita berharap dengan sabda Tuhan ini, menggugah setiap kita untuk lebih antusias berdoa mohon kesuburan panggilan dan berharap selalu ada keluarga mempersembahkan anak-anaknya menjadi pelayan khusus Tuhan.

Berpikirlah lebih ekstra untuk kepentingan pelayanan karya kasih Tuhan, dan jangan sering berpikir ekstra untuk kepentingan duniawi dan semata fana. Berpikirlah untuk menjadi penjala manusia, dan jangan hanya berpikir untuk menjadi penjala ikan/harta. Kumpulkanlah harta surgawi dimana ngegat dan karat tidak dapat merusakannya. Jangan semata kumpulkan harta duniawi, dimana ngegat dan karat bisa merusakannya.

Mintalah kepada Tuhan yang mempunyai tuaian, supaya Ia mengirim para pekerja dan ethos kerja melayani dalam diri setiap kita. Nyatakalah selalu Kerajaan Allah dalam kehidupanmu, maka Tuhan akan menambahkan segala sesuatu yang engkau dibutuhkan.


Penulis: Rm. Even Seran, Pr


Komentar