Beranda Ekonomi Bisnis Nek Akri Gunakan Cool Box Mencari Ikan Dapat Bantuan Perahu dari Bumi...

Nek Akri Gunakan Cool Box Mencari Ikan Dapat Bantuan Perahu dari Bumi Insan Mandiri

83
0

Alor, Flobamora-news.com – Angka Kemiskinan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dari tahun ke tahun terus bertambah. Jumlah penduduk miskin bisa terlihat dari data pada maret 2020 sebesar 1.153,76 ribu orang. Jumlah tersebut meningkat 24,3 ribu orang terhadap september 2019 dan meningkat 7,44 ribu orang terhadap maret 2019 (BPS Nusa Tenggara Timur, 2020).

Penyebab faktor kemiskinan cenderung tinggi salah satunya adalah pengangguran dan juga akses terhadap pekerjaan. Sebagian besar mata pencaharian warga didominasi oleh sektor usaha pertanian, kehutanan dan juga perikanan. Untuk sektor perikanan sendiri sebagian besar nelayan menghabiskan waktu di laut dengan menggunakan perahu untuk mencari dan menangkap ikan.

Akan tetapi, ada yang berbeda dengan apa yang dirasakan oleh seorang nenek bernama Nek Aklima (55 tahun). Nenek yang tinggal di Desa Alor Kecil, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, ini harus bertaruh nyawa untuk menyebrangi lautan dengan menggunakan cool box.

Setelah mengetahui cerita Nek Aklima dan melihat kondisi tersebut Pak Ari terkesan dengan perjuangan Nek Aklima yang selama ini harus bertaruh nyawa menggunakan cool box demi bisa mencukupi kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Insan Bumi Mandiri tergerak melakukan penggalangan dana di website miliknya untuk membantu Nek Aklima agar dapat memiliki perahu sendiri.

Akhirnya pada Hari Senin tanggal 30 November 2020. Setelah melalui proses penggalangan dana oleh Insan Bumi Mandiri, Nek Aklima berhasil mendapatkan hadiah perahu baru. Perahu tersebut tidak hanya berasal dari hasil penggalangan dana Insan Bumi Mandiri, akan tetapi juga merupakan sumbangsih dari seorang donatur bernama Pak Ari. Pak Ari adalah pemilik dari CV Javanese Boat, sebuah perusahaan pembuat kapal fiber asli Surabaya. Perahu yang dinantikan pun tiba.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar