Beranda Pendidikan NTT Bersinar Motivasi Anak Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Universitas

NTT Bersinar Motivasi Anak Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Universitas

791
0

Belu, Flobamora-news.com – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia masyarakat NTT, Komunitas NTT Bersinar mendatangi beberapa sekolah setingkat SMA guna memberikan sosialisasi tentang pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

NTT Bersinar merupakan sebuah komunitas yang bergerak dibidang pendidikan. orang-orang dalam komunitas ini berusaha memberikan motivasi para siswa dan siswi di SMA se-Provinsi NTT tentang pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dalam menghadapi pesatnya perkembangan era globalisasi. Karena itu, mereka masuk dari satu SMA ke SMA yang lain untuk memberikan motivasi dan sosialisasi tentang pentingnya melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi.

“Kami coba memberikan motivasi kepada adik-adik agar mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini berangkat dari niat kami untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia masyarakat NTT”. Demikian jelas Humas NTT Bersinar, Astri Fernandi saat memberikan sosialisasi di kelas XII Alam 1, SMA Surya Atambua, Kabupaten Belu, Sabtu (29/3/2019).

Selain memberikan motivasi, Astri juga menyampaikan tentang bagaimana cara agar seorang siswa dapat lulus dalam tes masuk perguruan tinggi dan berapa biaya yang harus disiapkan orang tua siswa saat tes masuk perguruan tinggi.

Astri juga memberikan beberapa warning kepada para siswa agar tidak boleh menggunakan agen saat melakukan pembayaran. Selain itu mereka juga meminta para siswa untuk mampu melihat kampus-kampus yang hanya menjadikan mahasiswanya sebagai target pasar dan kampus-kampus yang benar-benar murni ingin mendidik mahasiswanya.

“Selain motivasi, kami juga menyampaikan terkait gaya dan pola hidup para mahasiswa asal NTT yang berada di tanah Jawa dan juga gaya hidup masyarakat Pulau Jawa agar para siswa tidak menjadi gagap saat berada di sana,” tutur Astri.

Selain motivasi dan warning, NTT Bersinar juga berusaha mencari beasiswa hingga tempat kos bagi para siswa yang mendaftar melalui komunitas ini.

“Kita juga akan mencarikan beasiswa bagi mereka yang daftar lewat NTT Bersinar hingga tempat kos. Bukan itu saja, kita juga akan menjadi orang tua wali bagi para mahasiswa. Tujuannya, bila orang tua di kampung ingin mencari tahu tentang perkembangan anaknya dan nilai yang mereka dapat, maka kami bisa membantu,” ujarnya.

Untuk diketahui, NTT Bersinar memiliki pengurus di semua kabupaten yang ada di Provinsi NTT. Para pengurus NTT Bersinar selalu mencuri waktu di sela-sela kesibukan mereka untuk memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Di kabupaten Belu sendiri, sudah ada tiga SMA yang mereka lakukan sosialisasi yaitu SMAN III, SMAN I, dan SMA Surya. Direncanakan, sosialisasi ini akan terus dilakukan ke semua sekolah yang ada di Kabupaten Belu.

“Bagi masyarakat atau adik adik yang ingin mendapat informasi lebih, bisa menghubungi kami melalui IG: @ntt_bersinar atau Fb: Ntt Bersinar atau bisa melalui WA: 081317775373,” jelasnya.


Reporter: Ricky Anyan


Komentar