Beranda Ekonomi Bisnis OJK NTT Gelar Literasi Keuangan Kepada Pekerja Migran Perempuan Indonesia

OJK NTT Gelar Literasi Keuangan Kepada Pekerja Migran Perempuan Indonesia

721
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Sekitar 100 Pekerja Migran Perempuan Indonesia mengikuti Kegiatan Literasi Keuangan di Aula Lantai 3 OJK Provinsi Nusa Tenggara Timur hari Kamis 30 Januari 2020. Kegiatan ini dilaksanakan oleh OJK Provinsi NTT bekerjasama dengan BP3TKI Kupang, PT BRI Kantor Cabang Kupang dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Area Kupang.

Kepala BP3TKI Kupang, Siwa dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu pembekalan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia atau yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Tenaga Kerja Indonesia sebelum mereka bekerja di luar negeri, agar lebih memahami alternatif produk – produk keuangan saat nanti kembali ke Indonesia. Disampaikan pula, menurut data dari BP3TKI bahwa saat ini banyak sekali Pekerja Migran Indonesia Ilegal yang berasal dari NTT, meskipun saat ini sudah bertambah Perusahaan penyalur Pekerja Migran Indonesia yang sudah berijin.

Kepala OJK Provinsi NTT, Robert HP. Sianipar dalam sambutannya menjelaskan bahwa masyarakat agar memahami tugas dan kewenangan dari OJK, selain itu disampaikan pula bahwa Berdasarkan data nasional, pada tahun 2019 tingkat literasi atau pemahaman masyarakat mengenai produk dan layanan dari lembaga jasa keuangan di Provinsi NTT hanya sebesar 27,82% dan untuk tingkat inklusi atau penggunaan dari produk dan layanan Lembaga Jasa Keuangan di Provinsi NTT hanya sebesar 63,63%. Angka ini menunjukkan bahwa tingkat literasi dan inklusi keuangan di Provinsi NTT masih relatif rendah.

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan kegiatan edukasi yang berkelanjutan maka dapat meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan di Provinsi NTT. Menindaklanjuti tingkat literasi dan inklusi tersebut, segmen edukasi di OJK untuk tahun 2020 fokus kepada Kaum Perempuan, Pelaku UMKM dan Nelayan/Petani. Selain itu, disampaikan pula bahwa dengan edukasi ini diharapkan Pekerja Migran Indonesia setelah mendapatkan penghasilan dari bekerja di luar negeri dapat cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dari para pekerja migran Indonesia ini.

Pada kegiatan ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber, yakni dari OJK Provinsi NTT, PT BRI KC Kupang dan PT PNM Area Kupang. Narasumber dari OJK, Dony Prasetyo (Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen) menjelaskan materi perihal Pengenalan OJK, Waspada Investasi Ilegal dan Perencanaan Keuangan Keluarga. Narasumber dari PT BRI KC Kupang, Robinson Leka (RM. Program) menjelaskan materi terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR), baik itu KUR TKI, KUR Mikro dan KUR Ritel serta materi terkait Asuransi BRI Life. Narasumber dari PT PNM Area Kupang, Antonia Diana Oematan (Kepala Cabang Mekaar Alak) menjelaskan materi perihal alternatif pembiayaan/Kredit Ultra Mikro (UMi) dimana PT PNM juga menyalurkannya melalui produk Mekaar khusus kaum perempuan.

Di akhir kegiatan, OJK Provinsi NTT berpesan kepada Pekerja Migran Perempuan Indonesia, agar lebih bijak dalam menggunakan Produk – Produk Keuangan dari Lembaga Keuangan, pastikan yang sudah terdaftar dan berijin di OJK. Apabila masyarakat ingin berkonsultasi dengan OJK datang ke Kantor OJK terdekat, atau hubungi Kontak OJK 157, layanan Whatsapp di 081157157157.


Reporter: Sisca De Sousa


Komentar