Beranda Politik Panwascam Bikomi Selatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Panwascam Bikomi Selatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

201
0

Kefamenanu, Flobamora-news.com – Dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Panitia Pemilu Pengawas Kecamatan (PANWASCAM) Bikomi Selatan melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Aula Oelmaslete Kefamenanu, Selasa (27/10/2020)

Fungsi pengawasan tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Dengan Harapan menghasilkan pemilu berjalan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), dan demokratis serta berintegritas.

Ketua Panwascam Bikomi Selatan, Vinsensius Taek kepada media ini menjelaskan bahwa dalam mewujudkan pemilu yang baik tentu harus dengan cara melakukan pengawasan bersama

“Untuk mewujudkan pemilu yang baik tentu harus melakukan pengawasan bersama, tidak saja Panwascam atau Bawaslu, tetapi seluruh komponen masyarakat harus merasa peduli terhadap pemilu yang bersih sebagai harapan Kita Bersama.”tambahnya

Lebih lanjut, Taek mengungkapkan bahwa Pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu, oleh karena itu Panwascam Bikomi Selatan melakukan sosialisasi Pengawasan Pemilihan Partisipatif Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 untuk masyarakat yang merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini.

“Sosialisasi tentang pengawasan bersama ini sangat penting untuk dilakukan terutama dalam mengawasi pemilu, oleh karena itu kita dari Panwascam Bikomi Selatan melakukan sosialisasi pengawasan pemilihan partisipatif pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Desember mendatang terhadap masyarakat yang merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di Negara demokrasi ini.”tutur Vinsensius

Vinsensius juga menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini tidak lain tujuannya adalah bagaimana kami dari pengawas Pemilu Kecamatan akan meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih atau pengawasan partisipatif, karena bisa jadi panwascam ini punya keterbatasan, di Panwascam hanya punya 3 orang, di Desa/Kelurahan 1 orang.”Tutupnya

Sebagai bentuk dukungan hadir juga perwakilan Bawaslu Kabupaten Timor Tengah Utara, Ibu. Roswita Helen P. Taus (Kordiv SDMO) dalam sambutan memberi pesan penting tentang fokus partisipasi menjadi indikator peningkatan kualitas demokrasi dan kehidupan politik jelang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2020.

Dengan kondisi ini maka Panwascam menyiasati dengan membuat sosialiasi Tokoh Agama, Pemuda dan Pemerintah Desas untuk saling memberi pemahaman dalam peningkatan pengawasan.

Hadir dalam undangan kegiatan diantaranya Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adar, Tokoh Pemuda di wilayah Kecamatan Bikomi Selatan.


Reporter: Jhovan Faot


Komentar