Beranda Lintas NTT Pasca Bencana, Erosi dan Longsor Ancaman Bagi Perumahan dan Lahan Pertanian Milik...

Pasca Bencana, Erosi dan Longsor Ancaman Bagi Perumahan dan Lahan Pertanian Milik Warga

269
0

SOE, Flobamora-news.com, Pansus LKPJ mendorong pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten, Propinsi maupun Pusat guna menangani erosi di Desa Boentuka dan longsor di Desa Tupan dan Oebobo. Pasalnya selain mengancam jalan nasional, erosi dan longsor juga mengancam kawasan pemukiman dan lahan pertanian. Bencana erosi terjadi.di Desa Boentuka dan longsor di Desa Tupan dan Oebobo. Kecamatan Batu Putih Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Temggara Timur.

Ruba Banunaek, Anggota Pansus Ruba Banunaek, mengatakan, bahwa erosi yang mengancam jalan negara pada titik desa boentuka menjadi kewenangan balai wilayah jalan. Dirinya berharap, balai wilayah jalan bisa segera menangani erosi tersebut sehingga badan jalan Nasional tidak rusak.

“Khusus erosi yang mengancam jalan nasional di titik desa boentuka menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui balai wilayah jalan. Kita berharap ancaman tersebut bisa segera diatasi,” pinta Ketua Fraksi Golkar tersebut.

Erosi di kali Boentuka lanjut Ruba juga mengancam area pemukiman masyarakat dan lahan pertanian. Oleh sebab itu dirinya meminta Pemda TTS untuk segera membangun Bronjong di tepi kali untuk mencegah terjadinya Erosi.

“Pemda TTS harus segera bertindak untuk melindungi kawasan pemukiman masyarakat dan area pertanian,” dorongnya.

Selain Erosi, ancaman longsor ulangan juga menghantui wilayah Desa Tupan dan Desa Oebobo, Jika kembali terjadi longsor, material longsor akan menutupi badan jalan nasional di titik perbatasan Desa Oebobo dan Tupan.

“Kita berharap balai wilayah jalan segera mengatasi ancaman longsor di titik Desa Tupan dan Oebobo. Jika terjadi longsor akses jalan nasional bisa terputus karena material longsor menutupi jalan nasional,” pungkas Habel Hoti.



Reporter: YOR T


Komentar