Beranda Hukum & Kriminal Pekerjaan Embung Asal Jadi, Pansus Akan Panggil Kades Huetalan 

Pekerjaan Embung Asal Jadi, Pansus Akan Panggil Kades Huetalan 

847
0

SOE, Flobamora-news.com – amis 25/06/2020, Anggota DPRD TTS yang terbentuk salam Pansus LKPJ Bupati 2019 melakukan uji petik di Kecamatan Tobu,. Dalam uji peyik Pansus menemukan salah satu Embung yang dikerjakan tahun 2019 di Desa Huetalan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mubadzir. Embung ini terlihat tidak terurus dan mangkrak. Embung ini terlihat dihiasi rerumputan serta penahan di bagian bawahnya telah jebol, sehingga bisa berdampak buruk buat masyarakat yang beraktifitas di sekitar lokasi embung. Ada dugaan pekerjaan penahan bawah embung tidak sesuai dengan bestek, dan amburadul.

Menurut Wakil ketua Pansus LKPJ bupati 2019, Uksam Selan menegaskan bahwa, ini embung tidak ada asas manfaat bagi warga desa Huetalan, kecamatan Tobu kabupaten TTS. Pekerjaan yang dilakukan asal jadi tanpa melihat mutu dan manfaatnya. Salah satu indikasinya adalah, meski pembangunan dilakukan Tahun 2019 namun belum berusia 1 tahun, maka tembok penahannya sudah jebol.

“Ini gagal perencanaan, kita segera agendakan waktu dan Panggil Kepala Desa”, j elas Uksam.

“Kami akan segera memanggil kepala desa dalam waktu dekat untuk menjelaskan proses pekerjaan embung ini. Yang terlibat langsung seperti tim teknis dan kontraktor harus bertanggung jawab. jika kami panggil kepala desa dan ternyata pekerjaan embung ini masih terhitung dana pemeliharaan, maka harus segera di perbaiki agar embung tersebut memeliki asas manfaat”, tegas Uksam.

Sementara itu, salah satu warga Desa Hue’talan Yorhans M.A Nomeni mengatakan bahwa tidak tahu persis soal berapa anggaran untuk pekejaan embung tersebut. Sebab, waktu pelaksanaan pekerjaan fisik tidak ada papan informasi proyek.

“Embung yang di kerjakan pada tahun 2019 sama sekali tidak bermanfaat bagi masyarakat Desa Huetalan, karena tembok penahannya tidak digilas dengan baik. Tembok penahan embung ini sudah rubuh. Bisa berdmapak buruk bagi kami yang bertani di bawah embung”, kata Yohanis.

“Saya tidak tahu persis CV mana yang kerja ini embung, karena tidak ada papan informasi, namun yang saya tahu, seorang warga desa Huetalan, Ence Melek yang kerja ini embung”, Jelas Nomeni.

Warga Huetalan lainnya, Set Bifel mengungkapkan bahwa, setahu saya, embung ini di kerjakan tahun 2019, dan sumber dananya dari dana Desa tahun 2019, serta besaran dana desa 900 juta lebih. Namun kami masyarakat tidak tahu persis berapa anggaran dana desa yang dipakai untuk membuat embung. Saya sebagai masyarakat juga tidak tahu persis CV mana yang kerja embung ini. Karena selama embung ini di kerjakan samapai selesai, sama sekali tidak ada papan informasi proyek, namun sesuai pengamatan saya,

Lanjut Set, harapan kami masyarakat desa, semoga bapak ibu DPRD TTS dan Pemerintah Daerah, dalam hal ini bupati TTS bersama Pemerintah Propinsi lebih khusus Bapak Gubernur, melakukan uji petik proyek yang di danai oleh dana desa.  Apakah fisik sesuai dengan SPJ atau tidak. karena contohnya seperti embung yang ada di huetalan, sudah selesai perkerjaan namun mutu pekerjaannya tidak bagus lalu tidak ada manfaat buat masyarakan desa huetalan.

Melihat fisik, dan mutu pekerjaan embung di Desa Huetalan, kecamatan Tobu kabupaten TTS, ketua Pansus LKPj bupati 2019, yang juga sebagai ketua komisi IV DPRD TTS, Marthen Tualaka,S.H, M.Si mengatakan bahwa, pekerjaan ini dilakukan karena tidak ada transparansi dalam pengelolaan Dana Desa, sehingga setiap item pekerjaan yang bersumber dari dana desa tidak di ketahui oleh masyarakat. lanjut Marten, pekerjaan embung yang ada di desa huetalan ini mutunya sangat tidak bagus, bayangkan saja, embungnya di kerjakan tahun 2019, dan tahun 2020, tembok penahannya sudah jebol, ini akibat asal kerja tanpa memprioritaskan mutu bangunan. lanjut dia, kepala desa beserta orang yang terlibat langsung dengan pekerjaan embung tersebut. jelas Marten.

Kepala Desa Huetalan, Welhelmus Oematan belum berhasil dikonfirmasi karena tidak berada di lokasi. Dihubungi lewat telpon seluler namun nomornya sedang tidak aktif.


Reporter: Jor.T)


Komentar