Beranda Lintas NTT Pelantikan Perangkat Desa di desa Fatutnana Dihentikan Frengki Nabuasa

Pelantikan Perangkat Desa di desa Fatutnana Dihentikan Frengki Nabuasa

2651
0

SOE,Flobamora-news.com – Frengki Nabuasa bersama beberapa warga berupaya menghentikan pelantikan perangkat desa. Pasalnya seleksi perekrutan perangkat desa lagi bermasalah dan sudah ada pengaduan secara tertulis ke Bupati.

Acara pelantikan tersebut berlansung di halaman kantor Desa Fatutnana Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan Nusa Tenggara Timur pada Rabu (19/8/2020).

Menurut Frengki, bahwa saya dan beberapa warga tidak puas karena seleksi perekrutan perangkat desa lagi bermasalah dan sudah ada pengaduan secara tertulis ke Bupati.Tapi kami heran proses pelantikan tetap berjalan. Ada Lima persoalan di antaranya pengaduan tentang Ijazah Sekolah Dasar yang di miliki oleh peringkat I atas nama Afes Nitbani yang diduga palsu, karena ditemukan penulisan nama pada ijazah SD di lak atau kotor. Yang kedua pemberian nilai hasil seleksi perangkat desa.

“Kami meminta agar Camat Noebeba, Eddy Nenabu,S.P. dan kepala Desa Fatutnana, Markus Sae,S.Sos. untuk menjelaskan kenapa pengaduan kepada bupati TTS tentang seleksi perangkat desa belum di selesaikan, tapi diadakan pelantikan hari ini”, kata Frengki.

Pertanyaan demi pertanyaan di lontarkan dari pihak Frengki kepada camat dan kepala desa. Akhirnya camat Eddy Nenabu dan Kapospol Noebeba AIPDA Otnial Oematan,S.Sos. meredam semua pertanyaan dari kubu frengki dan di akhiri dengan pembuatan surat pernyataan bahwa kepala Desa harus bertanggung jawab atas pelantikan perangkat hari ini.

Surat pernyataan di saksikan oleh kapospol Noebeba, AIPDA Otnial Oematan,S.Sos, Babinsa Fatutnana, dan mengetahui Camat Noebeba, Eddy Nenabu,SP. Setelah para pihak menandatangani surat pernyataan.

Selanjutnya kepala desa Fatutnana, Markus sae. tetap melakukan pelantikan Lima orang perangkat desa ditambah Tiga orang kepala dusun. proses pelantikan berjalan dengan lancar hingga selesainya pelantikan.

Camat Eddy Nenabu mengatakan bahwa, kegiatan pelantikan perangkat desa di desa Fatutnana sempat menuai protes dari beberapa pihak hingga terjadinya jeda waktu. Namun telah diatasi melalui penjelasan saya dan Kapospol Aipda Otnial Oematan hingga berakhir dengan kesepakatan tertulis yang dibuat oleh kepala desa dengan Frengki Nabuasa bersama kawan-kawan lalu di saksikan oleh kapospol Noebeba, dan Babinsa Fatutnan.

“Perangkat desa dan kepala dusun yang dilantik hari ini harus bekerja secara maksimal, karena perangkat sekarang beda dengan perangkat yang lama. Perangkat yang sekarang dilantik dia diatas tenaga honor dan di bawah tenaga PNS, sehingga posisinya di tengah-tengah tenaga honor dan tenaga PNS. Jika ada perangkat desa yang di lantik sekarang tidak bekerja secara maksimal atau ada perbuatan yang melanggar hukum, maka akan diganti dengan perangkat yang lain”, tutup Eddy.

Reporter: Yor T

Komentar