Beranda Hukum & Kriminal Pemasangan Internet Desa di Boentuka Diduga Bermasalah Pansus LKPJ Gelar Kunjungan

Pemasangan Internet Desa di Boentuka Diduga Bermasalah Pansus LKPJ Gelar Kunjungan

363
0

SOE, Flobamora-news.com, Panitia Khusus (Pansus) Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) yang dipimpin wakil ketua DPRD, Yusuf Soru, menggelar kunjungan ke Desa Boentuka, Kecamatan Batu Putih Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) guna melihat kondisi internet desa di desa tersebut pada, Senin (19/4/2021).

Untuk diketahui bahwa saat ini persoalan tersebut sedang dilidik Polres dan Kejari.

Saat didatangi Pansus LKPJ, program ibternet diketahui tidak berfungsi lagi. Pihak desa sudah memutuskan program tersebut sejak awal tahun 2021 lalu. Namun hingga kini, fasilitas milik Telkom tersebut tak kunjung diambil kembali.

Kepala Desa Boentuka, Apris Fuah kepada Pansus mengatakan, dibandingkan dengan jaringan internet dari Handphone dengan jaringan internet desa, jaringan internet dari handphone jauh lebih bagus. Oleh sebab itu, pihaknya lebih sering menggunakan jaringan internet dari handphone dibandingkan dengan jaringan internet desa. Padahal, harga program internet desa tersebut mencapai 36 juta lebih.

“Rugi kakak, ini hanya 10 GB perbulan dengan kecepatan 6 MBPS. Jaringan loading lambat lagi. Akhirnya kita kembali menggunakan jaringan internet dari hotspot handphone. Makanya di awal tahun 2021 kita putuskan program internet desa ini,” ungkap Apris.

Dirinya mengaku, pihak dari Kejari maupun Polres TTS sudah mendatangi kantor desa Boentuka guna melihat program internet desa tersebut. Ia sendiri sudah memberikan keterangan kepada pihak penegak hukum.

“Baik dari kejaksaan maupun Polres sudah datang lihat program ini. Saya juga sudah berikan keterangan kepada mereka,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Yusuf Soru dan Wakil Ketua Pansus, Uksam Selan mendukung penuh proses hukum terhadap program internet desa tersebut. Keduanya berharap pihak penegak hukum bisa segera meningkatkan status penanganan kasus tersebut.

“Saat ini kasus tersebut sedang menjadi atensi publik. Kita berharap pihak penegak hukum bisa segera menuntaskan kasus tersebut,” pinta keduanya.

Yusuf Soru memimpin uji petik yang dilakukan Pansus LKPJ di Desa Boentuka dipimpin oleh Yusuf Soru. Hadir dalam kesempatan itu, wakil ketua Pansus LKPJ, Uksam Selan, Sekertaris Pansus, Semi Sanam, Anggota Pansus, Hendrik Babys, Jason Benu, Thomas Lopo, Tiba Banunaek, Mel Bana, Mariana Lakapu, Yupic Boimau dan Habel Hoti. Selain melakukan uji petik, Pansus juga melakukan uji petik ke air besi, Puskesmas Batu Putih dan Puskesmas Kualin. (Yor.T)



Reporter: YOR T


Komentar