Beranda Kesehatan & Pola Hidup Pemkab Manggarai Salurkan  Bantuan Air Bersih Ke Desa Nuca Molas

Pemkab Manggarai Salurkan  Bantuan Air Bersih Ke Desa Nuca Molas

498
0

MANGGARAI, Flobamora-news.com – Kemarau berkepanjangan membuat di beberapa wilayah di daerah Kabupaten Manggarai mengalami krisis air minum bersih, salah satunya adalah desa Nuca Molas, Kecamatan Satar Mese Barat yang terletak di bagian Selatan dari pusat ibu kota kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur.

Atas pristiwa itu pemkab Manggarai merespon dengan mendistribusikan sejumlah bantuan air minum bersih menggunakan mobil tanki.

Waka Polres Manggarai Kompol Thobias Tamonob kepada media ini menjelaskan, warga desa Nuca Molas sudah mulai mendapatkan pasokan air minum bersih dari Pemkab Manggarai (18/10/2019)

Dikatakanya, proses pembagian air minum bersih dilaksanakan di pantai Dintor desa Satar Lenda yakni pendistribusiannya menggunakan sebuah mobil tangki milik Dinas BLHD kabupaten Manggarai yang bersumber dari mata air kali Wae Lomba desa Satar Lenda.

kemudian ditampung di 5 buah profil tank ukuran 1100 liter dan disimpan di pantai Dintor, selanjutnya warga Nuca Molas mengalirkan pake selang ke wadah berupa jerigen untuk di drop menggunakan perahu motor.

Dikatakan Kompol Thobias, dari data sementara bahwa jumlah pasokan air minum bersih yang dapat di drop sebanyak 3 tanki atau 1500 liter.

Dikatakan Kompol Thobias, upaya bantuan pasokan air minum bersih dari Pemda Kabupaten Manggarai kepada warga desa Nuca Molas di karenakan musim kemarau yang melanda berkepanjangan sehingga terjadi kekurangan air pada beberapa titik sumur yang terdapat di desa Nuca Molas

Menurut Kompol Thobias, Pemda kabupaten Manggarai juga berjanji akan memenuhi kebutuhan pasokan air minum bersih setiap hari, mulai dari sekarang sampai tiba musim penghujan.

Dikatakanya lagi, berdasarkan pantauan petugas Bhabinkamtibmas dan laporan dari kepala desa Nuca Molas bahwa akibat bencana alam atau kekeringan itu mengakibatkan matinya ternak sapi sebanyak 108 ekor dan kambing 28 ekor

Adapun anggota Babinkamtibmas yang bertugas di sana sudah menghimbau kepada warga desa Nuca Molas yang memiliki perahu bermotor agar bisa membantu mendroping semua pasokan air minum dari pantai Dintor dan selanjutnya dapat membagikan kepada warga lain yang tidak memiliki perahu di seberang desa Nuca Molas demi memenuhi kebutuhan air bersama.


Reporter: ATJ


Komentar