Beranda Kesehatan Pemprov NTT Bekerjasama Dengan KKP Kupang Aktifkan Sembilan Thermal Scanner

Pemprov NTT Bekerjasama Dengan KKP Kupang Aktifkan Sembilan Thermal Scanner

477
0

KUPANG, Flobamora-news.com – Untuk  mengantisipasi penyebaran penyakit Pneumonia yang disebarkan oleh virus Corona, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang agar mengaktifkan sembilan Thermal Scanner atau alat deteksi panas suhu tubuh manusia.

“Saya sudah sampaikan kepada Kepala KKP agar sembilan thermal scanner yang ada segera difungsikan sehingga siapa saja yang masuk ataupun keluar dari provinsi ini dapat terpantau,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di ruangan Biro Humas dan Protokol, Jumat sore (24/1/2020).

Domi menyebutkan, sebagai daerah yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia, NTT memiliki sembilan Thermal Scanner yang berfungsi untuk memonitor setiap penumpang terutama dari daerah-daerah endemis. Alat-alat ini ditempatkan di Bandara El Tari, PLBN Motain, PLBN Motamasin dan di Labuan Bajo.

“Labuan Bajo telah menjadi kawasan pariwisata premium, maka kita minta KKP untuk menambah alat thermal scanner. Begitu juga dengan Sumba, Alor, Rote dan daerah destinasi pariwisata lainnya,” sebut mantan Direktur RSUD W.Z. Johannes Kupang itu.

“Tahun ini Kementerian Kesehatan akan mengadakan 135 thermal scanner untuk seluruh Indonesia. Kami akan segera koordinasikan agar bisa dapatkan penambahan alat ini,” sambung Domi.

Ia mengungkapkan, gejala orang yang terkena virus Corona sama seperti flu biasa. Namun gejalanya akan menjurus seperti penyakit SARS dan MERS yang menyerang pernapasan bagian atas. Dan, menjadi bahaya apabila sudah menyerang pernapasan bagian bawah.

“Kalau tidak ditangani secara cepat, akan membahayakan keselamatan jiwa. Karena penangannya harus saksama, maka petugas kesehatan pun harus diberikan protap dan perlindungan diri. Kita juga akan menyiapkan ruangan (isolasi) khusus di RSUD W.Z Johannes kalau ada penderita yang terpapar virus ini,” jelas Domi.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol NTT, Marius Ardu Jelamu yang mendampingi Kadis Kesehatan NTT, meminta masyarakat untuk tetap tenang menghadapi berbagai virus dan penyakit yang terjadi.

“Prinsipnya, pemerintah provinsi akan berupaya sekuat tenaga memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat,” tandasnya.


Reporter: Sisca De Sousa/Dian T


Komentar