Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pengaruh Politik dan Keutuhan NKRI

Avatar photo
IMG 20190419 WA0014

Oleh : Herry F.F. Battileo,SH.,MH.
( Advokat Peradi )

KUPANG, Flobamora-news .com – Dengan memperhatikan perkembangan lingkungan global, regional dan nasional ( Banglistra), Dampak Perang dagang yang sedang terjadi saat ini, antara United States Of America (USA) dan Republik Rakyat Cina (RRC) semakin terasa hingga dan berdampak pada Politik global di wilayah Asean dan Asia. Indonesia, merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang telah membuka lebar investasi cina sehingga dikawatirkan akan banyak menggerus investasi USA yang jelas berpengaruh juga dalam sistem perpolitikan di Indonesia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Jika keadaan ini terus berlarut, jelas United States Of America (USA) yang telah cukup lama berinvestasi di Freeport pasti tidak terima. Di tambah lagi, adanya polemik di dalam negeri tentang hasil Pemilu tahun 2019 yang disinyalir banyak dugaan kecurangan yang terjadi. Maka USA (Amerika) sebagai Negara yang punya kepentingan dengan Negara Indonesia, tidak akan membiarkan Indonesia begitu saja.
Lewat jalurnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Amerika dan Uni Eropa akan memainkan peran mereka dengan menggunakan bendera PBB. Bahkan tidak menutup kemungkinan Amerika dan Sekutunya akan ikut campur tangan jika terjadi Chaos (kekacauan)dengan alasan demi kestabilan keamanan di Asia atau Asean.

Baca Juga :  Perludem: Bawaslu Nagekeo Wajib Usut Dugaan Pelanggaran Pemilu Secara Transparan