Beranda Lintas NTT Permohonan Tak Dijawab, Marcu Mbau Dampingi Rakyat Datangi PLN

Permohonan Tak Dijawab, Marcu Mbau Dampingi Rakyat Datangi PLN

507
0

SOE, Flobamora-news.com – Ketua DPRD Kabupaten TTS Marcu Mbau, dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), mendampingi tokoh adat, tokoh masyarakat dan Pendeta GMIT Oelekam Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), datangi PLN Soe untuk menyerahkan permohonan perluasan jaringan listrik di Desa Oelekam Kecamatan Mollo Tengah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Pada, Kamis (9/7/2020).

Tokoh adat dan tokoh masyarakat yang turut hadir  diantaranya, Arnoldus Manu warga RT 13/RW 07, Harun Pai RT 12/RW 06, Theofilus Pai, Nimrot Lolomasit didampingi Pendeta Frans Tloen.

Kepada awak media di PLN Soe tokoh adat Arnolus Manu mengatakan sudah berulang kali masyarakat setempat mengajukan permohonan perluasan jaringan listrik di Desa Oelekam. Tetapi permohonan tersebut tidak pernah terjawab, pada hal, setiap tahun selalu diangkat melalui Musyawarah Pembangunan (Musrenbang), baik ditingkat Dusun, Desa bahkan Kecamatan, tetapi tidak ada jawaban.

Pada hal, menurut Arnolus, sudah ada jaringan TR yang jarak dari desa sekitar 850 meter. Tetapi masyarakat setempat tidak menikmati listrik. Oleh karena itu, kami datangi PLN untuk serahkan permohonan kami dan kami berharap agar bisa terjawab, karena sudah berulang kali kami ajukan permohonan.

“Setiap tahun, kami usulkan melalui Musrenbang, tetapi sama sekali tidak ada jawaban, sehingga kami datang ke Pak Ketua DPRD TTS untuk membantu kami,” ujarnya.

“Selain itu, Oelekam memiliki situs Oehala, bahkan Oehala dijadikan sebagai tempat wisata yang terus didatangi pengunjung, namun masyarakat disekitar Oehala tidak diperhatikan untuk menikmati jaringan listrik”, katanya

Sementara itu Ketua DPRD TTS, Marcu Mbau menambahkan dirinya mendampingi masyarakat tersebut, karena ketika melakukan Reses di desa tersebut menyerap aspirasi masyarakat soal kebutuhan listrik maka sebagai wakil rakyat harus merespon aspirasi masyarakat saat reses. Oleh karena itu, tidak hanya sebatas menyampaikan melalui laporan hasil reses tetapi langsung membawa masyarakat untuk bertemu langsung dengan yang bersangkutan.

Marcu juga mengatakan, hasil resesnya direspon baik dengan membutuhkan permohonan yang sudah ditanda tangani oleh Penjabat kepala desa dan Camat Mollo Tengah dan dimasukan ke PLN Soe. Permohonan tersebut dilampirkan dengan daftar calon pelanggan yang dilengkapi dengan foto copy KTP calon pelanggan.

“Saya mendampingi masyarakat langsung ke PLN tetapi tidak ketemu dengan kepala PLN, karena kepala PLN ada di desa, dan akan disampaikan setelah kembali ke Soe,” jelas Marcu.

Karena tidak bertemu dengan kepala PLN, Marcu mengatakan akan terus bangun komunikasi dan koordinasi baik dengan Kepala PLN agar permohonan masyarakat tersebut segera dijawab. Sebagai wakil rakyat akan kembali mengecek ke PLN dan meminta kepada PLN agar segera menindak lanjuti dan menjawab kebutuhan masyarakat Desa Oelekam.

Marcu mengatakan, dirinya akan tetap kawal agar tidak terulang lagi kegagalan. Sebab, keluhan masyarakat Oelekam sudah disampaikan melalui Musrenbang Desa dan Kecamatan namun belum ada jawaban dari Pemerintah dan PLN maka sudah disampaikan kepada DPRD sehingga akan tetap dikawal agar benar-benar terealisasi.

“Saya akan kawal sampai permohonan masyarakat itu terjawab. Minggu depan saya akan ke PLN untuk pastikan sejauh mana tindak lanjut setelah permohonan masyarakat diterima,” pungkasnya.


Reporter: JOR T


Komentar