Raih Gelar Doktor, Uksam Selan dan Marten Tualaka Catat Sejarah di Lembaga DPRD TTS


  • Bagikan

SOE, Flobamora-news.com – Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Dr.Uksam Selan dan Dr. Marten Tualaka. Pasalnya Keduanya diwisudakan di Institut Agama Kristen Negeri Kupang pada Selasa (29/09/2021).

Meraih gelar S3 tentunya sudah banyak riset atau penelitian dilakukan. Hasil penelitian pun tentunya sudah terpublikasi sesuai standar nasional atau bahkan internasional. 
Setiap hasil penelitian yang berhasil dipublikasikan akan memberikan manfaat untuk banyak orang. Sebab bisa menjadi ilmu baru maupun solusi baru terhadap suatu masalah. Hal ini menjadi bagian penting bagi seorang doktor untuk bermanfaat besar bagi kemajuan negara, lewat dukungan berbagai hasil penelitian yang sudah dilakukan. 

Swipe up untuk membaca artikel

Mendapatkan gelar doktor tidak melulu harus fokus dikegiatan perkuliahan. Kita bisa menyelesaikan studi S3 ini sambil tetap aktif bekerja. Sehingga bisa dijalankan bersamaan dengan aktivitas lain, meskipun membutuhkan komitmen agar keduanya bisa dikerjakan bersamaan dan selesai tepat waktu. 
Ini yang dilakukan oleh dua anggota DPRD tersebut.

Menurut Dr.Uksam Selan,S.Pi.M.A,M.Pd kepada media ini bahwa, ada 3 tantangan dalam meraih gelar doktor.

Baca Juga :   Gadis Cantik Asli Timor Leste Bercampur Atambua Ikhlas Mengabdi di Pedalaman Papua

1. Harus bisa Membagi waktu dalam kesibukan yg padat

2. Biaya pendidikan ditanggung sendiri sehingga menjadi pergumulan selama kuliah,

3. Bedah buku dan penulisan Disertasi dlm menemukan teori baru.

Lanjut dia bahwa, saya merasakan kebahagian campur duka karena diakhir disertasi saya harus berhadapan dengan duka yang amat dalam atas kepergian bapak kandung tepat saya ujian tertutup dan bapak mertua juga dipanggil pulang oleh Yang Maha Kuasa pada saat 3 hari mau berlangsungnya wisuda. Proses untuk meraih gelar doktor, sangat amat sedih karena saya harus kehilangan orang-orang yang saya cintai. Namun Tuhan Yesus tidak pernah tinggalkan saya sampai ikut wisuda doktor di IAKN kupang.

“Terobosan yang kami tempuh untuk meraih gelar doktor, kiranya menjadi motivasi bagi seluruh elemen masyarakat Timor Tengah Selatan, untuk terus mengejar SDM bahwa kita bisa belajar dimanapun, kapanpun yang penting kita punya niat”, ujar Uksam.

Sementara itu Habel Hoti, anggota DPRD dari fraksi Gerindra mengatakan bahwa, pertama-tama profesiat kepada dua anggota DPRD TTS yaitu bapak Marten Tualaka dan bapak Uksam Selan yang telah mengikuti wisuda doktor kemarin di IAKN kupang, dan saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat TTS yang telah memberi dukungan melalui doa, sehingga dua orang anggota DPRD TTS resmi menyandang gelar doktor,

  • Bagikan